Bagikan:

JAKARTA – Dell Technologies  dan Super Micro Computer akan menyediakan rak server untuk superkomputer yang sedang dibangun oleh startup kecerdasan buatan milik Elon Musk, xAI. Pengumuman ini disampaikan oleh pengusaha asal AS tersebut di platform media sosial X pada  Rabu, 19 Juni.

"Dell akan merakit setengah dari rak server untuk superkomputer xAI," ungkap Musk di X. Menanggapi pertanyaan mengenai mitra kedua, Musk menyebut "SMC" - yang merujuk pada pembuat server Super Micro.

Super Micro yang berbasis di San Francisco, dikenal dengan hubungan eratnya dengan perusahaan chip seperti Nvidia   dan teknologi pendingin cairannya, mengonfirmasi kemitraan dengan xAI tersebut.

CEO Dell, Michael Dell, juga mengatakan dalam posting terpisah di X bahwa perusahaan sedang membangun "pabrik AI" bersama Nvidia yang akan mendukung versi terbaru dari chatbot xAI, Grok.

Musk telah memberitahu investor bahwa startup kecerdasan buatan miliknya, xAI, berencana untuk membangun superkomputer untuk mendukung versi berikutnya dari AI chatbot-nya, Grok, sesuai laporan oleh The Information pada bulan Mei.

Pelatihan model AI seperti Grok milik xAI membutuhkan puluhan ribu chip yang haus daya dan saat ini dalam pasokan terbatas. Awal tahun ini, Musk mengungkapkan bahwa pelatihan model Grok 2 memerlukan sekitar 20.000 unit Nvidia H100 GPU, dan model Grok 3 serta seterusnya akan membutuhkan 100.000 chip Nvidia H100.

Musk menyatakan bahwa ia ingin superkomputer yang diusulkan tersebut berjalan pada musim gugur 2025. Musk mendirikan xAI tahun lalu sebagai penantang bagi OpenAI yang didukung Microsoft  dan Google milik Alphabet. Musk juga merupakan salah satu pendiri OpenAI.