Bagikan:

JAKARTA – Apple akan meluncurkan aplikasi Password setelah iOS 18 dirilis pada musim gugur tahun ini. Setelah sistem diperbarui, Password akan terinstal dan menggantikan aplikasi pihak ketiga seperti 1Password.

Password akan menawarkan berbagai fitur yang bisa ditemukan di layanan 1Password, tetapi ada dua fitur yang tidak akan ditemukan di aplikasi buatan Apple. Dua Fitur tersebut adalah Catatan Aman dan Informasi Kartu Kredit.

Dilansir dari 9to5google, 1Password memiliki berbagai macam menu pengelolaan data seperti login, kata sandi, kode verifikasi, dan lainnya. 1Password memiliki dua tipe data tambahan, tetapi Password dari Apple tidak memilikinya.

Ada alasan yang jelas mengapa Password tidak memiliki Catatan Aman dan Informasi Kartu Kredit. Apple Notes, aplikasi catatan di perangkat Apple, menyediakan fitur catatan aman secara mandiri dan pengguna bisa memakai autentikasi biometrik.

Pengguna bisa membuka aplikasinya menggunakan Face ID atau Touch ID sehingga pengguna tidak perlu menyimpan catatan penting lainnya di aplikasi Password. Hal yang sama juga berlaku untuk data Informasi Kartu Kredit.

BACA JUGA:


Di iPhone, pengguna bisa menyimpan kartu kredit di aplikasi Wallet. Nomor kartu kredit akan disimpan di dalam menu Kartu Kredit Tersimpan di Pengaturan. Pengguna hanya perlu membuka Safari, lalu mencari menu IsiOtomatis.

Meski bisa dilihat di pengaturan IsiOtomatis, aplikasi Wallet atau Pengaturan tidak menampilkan nomor kartu kredit dengan lengkap. Ini merupakan salah satu kekurangan Apple karena 1Password jauh lebih efisien dalam menyimpan informasi kartu kredit.