Bagikan:

JAKARTA - Semakin hari, serangan siber berbasis kredensial semakin berkembang. Bahkan, 1Password mencatat bahwa pada tahun 2022 saja, jarang ada satu bulan berlalu tanpa adanya serangan tersebut.

Alih-alih masih bermain dengan kata sandi, 1Password akhirnya mengumumkan peluncuran fitur baru ke platformnya untuk membuat, mengelola, dan menggunakan kunci sandi atau passkeys tahun ini. 

Passkeys merupakan alternatif modern untuk kata sandi. Passkeys lebih mudah digunakan, lebih sulit untuk dicuri atau diretas, dan dibangun di atas standar terbuka yang telah terbukti yang dirancang untuk membuat masuk ke aplikasi lebih cepat dan lebih aman. 

"Jadi dengan sangat gembira kami umumkan bahwa, mulai musim panas ini, Anda akan memiliki opsi untuk membuat dan membuka kunci akun 1Password hanya dengan menggunakan passkeys! Tidak diperlukan kata sandi," kata Chief Product Officer 1Password, Steve Wan. 

Diluncurkan sejak 2006 silam, 1Password telah menjadi aplikasi penyimpanan kata sandi pihak ketiga iOS yang pertama kali memperkenalkan fitur Touch ID pada tahun 2014. Kemudian perusahaan menambahkan dukungan Face ID, Windows Hello, dan Android Fingerprint setelahnya. 

Sekarang, 1Password melangkah lebih jauh lagi dengan menghadirkan kemampuan untuk masuk ke 1Password, membuka kunci brankas, dan mengakses data Anda dengan aman adalah satu passkeys Anda.

Untuk menggunakan kunci sandi (passkeys) Anda memerlukan perangkat seperti ponsel atau PC yang terdaftar dengan aplikasi atau layanan dan langkah autentikasi kedua yang dilakukannya, kemungkinan besar pemindaian biometrik wajah atau sidik jari Anda. 

Passkeys membuka kemungkinan yang benar-benar menarik bagi pengguna 1Password. Dengan passkeys, Anda dapat melakukan:

  • Buat akun 1Password tanpa kata sandi atau Kunci Rahasia
  • Masuk di perangkat baru dengan mudah
  • Gunakan ponsel Anda untuk membuka kunci 1Password di Mac, PC, dan di browser
  • Percepat orientasi untuk pengguna perusahaan, atau teman dan keluarga
  • Gunakan autentikator biometrik bawaan di mana pun Anda menggunakan 1Password termasuk di web