DuckDuckGo Rilis Beta Browser untuk Pengguna Mac, Hadirkan Segudang Sistem Keamanan
DuckDuckGo menggunakan mesin rendering WebKit Apple (foto: Dok. DuckDuckGo)

Bagikan:

JAKARTA - DuckDuckGo kembali memperluas jangkauan browser dengan segudang sistem keamanannya, kali ini perusahaan meluncur untuk macOS dalam versi beta.

Diklaim DuckDuckGo, layanannya merupakan solusi privasi lengkap untuk penjelajahan sehari-hari tanpa pengaturan yang rumit, hanya pengalaman pribadi yang mulus, dan untuk menyaingi Safari serta Google Chrome di Mac.

DuckDuckGo mengatakan bahwa browsernya di macOS memiliki fitur pemblokir pelacak yang kuat, perlindungan email, dan banyak lagi, semuanya terintegrasi secara sukarela.

Selain privasi, DuckDuckGo untuk macOS dalam versi beta sangat cepat. Menurut pengujian yang dilakukan oleh perusahaan sendiri, ia menggunakan data 60 persen lebih sedikit dan lebih cepat daripada Chrome dalam beberapa pengujian kinerja grafis.

Di antara fitur lainnya, DuckDuckGo menyatakan bahwa browsernya akan secara otomatis mengelola pop-up persetujuan cookie di banyak situs, bahwa itu akan menggunakan koneksi HTTPS terenkripsi kapan pun tersedia.

Peramban tersebut juga menyertakan pengelola kata sandinya sendiri yang dapat mengimpor data dari peramban lain dan ekstensi peramban seperti 1Password atau LastPass. Sinkronisasi pribadi kata sandi dan bookmark antar browser adalah fitur yang direncanakan tetapi tidak tersedia dalam versi awal ini.

Melansir Ars Technica, Rabu, 13 April, browser DuckDuckGo menggunakan mesin rendering WebKit Apple melalui WKWebView API. Karena menggunakan mesin peramban bawaan Mac alih-alih melakukan forking sendiri, mesin peramban DuckDuckGo akan mendapatkan pembaruan fitur dan keamanan saat pengguna juga memperbarui macOS.

Hal itu kemungkinan dapat menghemat pekerjaan untuk tim DuckDuckGo, yang tidak perlu melakukan pengujian atau pembaruannya sendiri setiap kali ada perubahan pada WebKit.

Namun, tidak berarti bahwa browser DuckDuckGo yang berjalan pada versi macOS yang berbeda dapat memiliki perbedaan fitur atau keamanan yang tidak dapat dilakukan DuckDuckGo selain mendesak orang untuk memperbarui Mac mereka.

Menggunakan WKWebView juga berarti bahwa browser DuckDuckGo tidak dapat menggunakan ekstensi browser yang dibuat untuk Safari.

Terakhir, DuckDuckGo mengatakan bahwa versi Windows dari browsernya segera hadir. Dengan asumsi perusahaan menggunakan pendekatan yang sama untuk mesin browser di Windows seperti pada Mac, versi Windows akan menggunakan Microsoft Edge WebView2 sebagai mesin penjelajahannya, yang berarti bahwa versi Mac dan Windows dari browser DuckDuckGo akan berbagi nama dan beberapa fitur tetapi akan benar-benar berbeda.