Opera Rilis Versi Beta <i>Browser Web3</i> untuk iPhone dan iPad
Opera merilis versi beta dari browser Web3 dengan dompet kripto built-in (foto: twitter @opera)

Bagikan:

JAKARTA - Opera merilis versi beta dari browser Web3 dengan dompet kripto built-in pada Jumat, 15 April untuk perangkat iOS, iPhone dan iPad. Crypto Browser Opera ini telah tersedia untuk pengguna desktop Mac dan Windows, serta pengguna ponsel Android sejak Januari.

Rilis di perangkat seluler adalah langkah terbaru dalam Proyek Peramban Crypto, inisiatif yang berfokus pada Web3 untuk memfasilitasi navigasi di seluruh aplikasi terdesentralisasi (DApp), game, dan platform metaverse.

Menurut Opera, fitur utama ini termasuk Dompet Opera dengan dukungan untuk ekosistem Ethereum, Polygon, dan Celo untuk membeli, menjual, dan mentransfer token. Pengguna juga dapat memulihkan Dompet yang kompatibel dengan Mesin Virtual Ethereum (EVM) dengan Dompet Opera asli dan mengintegrasikan aset dan saldo mereka yang ada.

Di beranda browser, pengguna dapat melihat penjualan NFT teratas terbaru dan agregator berita yang disebut "Crypto Corner," dengan pembaruan langsung tentang harga aset kripto dan biaya gas, serta airdrop dan bahkan sumber daya pendidikan yang disarankan.

Perusahaan juga mengatakan browser tersebut dilengkapi dengan perlindungan penambangan cryptocurrency yang memblokir skrip “cryptojacking” yang dapat membahayakan kinerja perangkat iPhone atau iPad. Fitur keamanan lainnya termasuk pemblokir iklan dan pelacak asli, pemblokir pop-up, dan Pemblokir Dialog Cookie yang intuitif.

Menurut Jorgen Arnesen, EVP Mobile di Opera seperi dikutip Cointelegraph, Crypto Browser menargetkan minat yang meningkat di Web3, baik dari pengguna kripto veteran atau pendatang baru.

“Proyek Browser Crypto Opera dibangun untuk menyederhanakan pengalaman pengguna Web3 yang sering membingungkan pengguna mainstream. Opera percaya Web3 harus mudah digunakan untuk mencapai potensi penuhnya dan adopsi massal.”

Selain itu, perusahaan browser ini menambahkan dukungan untuk delapan ekosistem blockchain utama — Bitcoin, Solana, Polygon, StarkEx, Ronin, Celo, Nervos Network, dan IXO. Opera mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengintegrasikan lebih banyak rantai Proof-of-Stake di masa depan.

Baru-baru ini, Opera bermitra dengan Yat, sebuah platform yang memungkinkan pembuatan alamat web atau URL berbasis emoji. "Emojifikasi" Opera memungkinkan pengguna menjelajahi web di seluruh platformnya dengan memasukkan Yats bersertifikat, atau serangkaian emoji, ke dalam bilah URL, bukan huruf dan kata.