Opera Kini Punya Alamat Web Berbasis Emoji
Opera mengumumkan kemitraannya dengan Yat. (foto: dok. opera)

Bagikan:

JAKARTA - Opera mengumumkan kemitraannya dengan Yat, untuk mengintegrasikan browser Web3-nya pada alamat web berbasis emoji. Kolaborasi baru ini membawa tingkat kreativitas baru ke internet.

Yat merupakan startup yang menjual URL dengan emoji di dalamnya dan memiliki domain Y.at. Opera mengatakan integrasi emoji-sentris memudahkan orang untuk menemukan dan diarahkan ke halaman Yat milik mereka, merupakan domain unik yang dihasilkan saat Yat dibuat dari rangkaian emoji yang dipersonalisasi.

Setelah integrasi, alamat web emoji Yat di Opera tidak perlu lagi diikuti oleh .y.at seperti sebelumnya. Selain itu, emoji yang disematkan di halaman web sekarang akan ditautkan ke halaman Yat yang sesuai secara otomatis.

“Kemitraan ini menandai perubahan paradigma besar dalam cara kerja internet. Sudah hampir 30 tahun sejak world wide web diluncurkan ke publik, dan belum banyak inovasi dalam ruang tautan web, orang masih menyertakan .com di URL mereka," ungkap Wakil Presiden Eksekutif Seluler di Opera, Jorgen Arnesen dalam keterangannya.

"Melalui integrasi dengan Yat, pengguna Opera dapat membuang .com atau bahkan kata-kata di tautan mereka dan hanya menggunakan emoji untuk diarahkan ke situs web. Ini baru, lebih mudah dan lebih menyenangkan," imbuhnya.

Melansir TechCrunch, Selasa, 15 Februari, pengguna dapat menyesuaikan halaman Yat mereka atau mengarahkannya ke tempat lain di web. Beberapa selebritas telah menjadi pengguna awal halaman Yat.

Seperti DJ Steve Aoki, yang menggunakan halaman Yat-nya untuk mengarahkan orang ke situs web miliknya, dan rapper Lil Wayne yang juga akan membawa pengguna ke label rekamannya. Begitupun penyanyi Kesha, memiliki tautan Yat -nya di bio Twitter-nya.

Tentu saja, pengguna dapat membeli nama domain mereka sendiri yang mendukung emoji dan menggunakannya sebagai ganti tautan Yat, tetapi Yat telah membuat proses ini lebih cepat dan sederhana bagi mereka yang tidak memiliki waktu, sumber daya, atau keahlian teknis untuk melakukannya.

Namun, ini tidaklah gratis. Semakin sedikit karakter emoji di Yat, semakin mahal harganya. Pengumuman integrasi ini datang ketika Opera belum lama ini meluncurkan web3 Crypto Browser dalam versi beta.

Web3 itu mencakup fitur-fitur seperti dompet kripto bawaan, akses mudah ke pertukaran mata uang kripto atau NFT, dukungan untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan banyak lagi. Tujuan dari browser adalah untuk menyederhanakan pengalaman pengguna web3.