Opera Bawa ChatGPT ke dalam Browser dengan Dukungan AI Prompts
Image Credit: dok. Opera

Bagikan:

JAKARTA - Opera adalah browser terbaru yang membangun Kecerdasan Buatan (AI) generatif berbasis OpenAI, dengan menghadirkan AI Prompts di desktop.

AI Prompts diciptakan untuk memberikan akses super cepat dari bilah alamat atau dengan menyorot elemen teks di situs web, dan akses sidebar ke layanan seperti ChatGPT dan ChatSonic.

Ini memberi pengguna kemampuan tambahan untuk membuat gambar yang dihasilkan AI.

"Kami punya beberapa berita yang mengubah permainan untuk Anda, dengan peluncuran hari ini, Opera Browser dan Opera GX menggabungkan sejumlah alat bertenaga AI," ungkap Opera dalam unggahan blog resminya.

"Serangkaian fitur baru, yaitu AI Prompts, plus akses sidebar ke ChatGPT dan ChatSonic diatur untuk mengubah pengalaman menjelajah Anda. Anda tidak hanya akan mengalami masa depan web, tetapi menjelajah dengan kekuatan super," imbuhnya.

Menurut Opera, AI Prompts adalah pilihan yang menarik untuk konten AI dan generatif, di mana pengguna bisa melakukan berbagai hal dengan data yang tersedia di situs web.

Misalnya, alat ini juga memberi pengguna cara untuk mengontekstualisasikan dan mempersingkat informasi di halaman web dalam satu klik dan bahkan memberi tahu mereka tentang poin-poin penting yang sedang dibahas.

Selain itu, pengguna bisa menggunakan perintah AI untuk menemukan konten terkait lainnya dengan topik yang sama.

Perusahaan juga menambahkan kemampuan di mana pengguna dapat membuat tweet seputar topik atau bahkan membuat lagu rap berdasarkan materi. Integrasi Opera tampaknya lebih intuitif dan lebih mudah digunakan daripada Microsoft Edge.

Fitur AI yang mendukung ChatGPT ini, dikatakan Opera, hanyalah permulaan. Versi mendatang dari produknya juga dapat menggunakan algoritme AI yang dikembangkan Opera sendiri, selain mendukung fitur berbasis ChatGPT.

"Anda dapat menghasilkan ide, ringkasan, terjemahan, rencana perjalanan. Anda dapat menulis kode, mempelajari musik, mendapatkan bantuan dalam matematika, teks draf – daftarnya terus bertambah! ChatSonic juga sangat pintar sehingga dapat membuat gambar untuk Anda," kata Opera.

"Secara keseluruhan, alat baru menawarkan portal ke web yang lebih pribadi dan cerdas – yang memberikan solusi untuk kebutuhan khusus Anda. Perhatikan bahwa untuk menggunakan alat AIGC di sidebar, Anda harus membuat akun dengan masing-masing layanan atau masuk dengan akun Anda yang sudah ada, jika Anda sudah memilikinya," tambahnya.

Melansir 9to5Mac, Rabu, 23 Maret, pengguna dapat menguji peningkatan AI baru yang ada di akses awal sekarang di Mac, Windows, dan Linux untuk browser Opera standar dan di Mac dan Windows dengan Opera GX.