Baru! Admin Kini Bisa Memilah Orang yang Bakal Masuk ke Grup WhatsApp
Fitur baru WhatsApp akan datang beberapa minggu lagi (Foto: Dok. Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta meluncurkan beberapa pembaruan untuk aplikasi perpesanannya, WhatsApp, yang akan membuat grup lebih mudah dikelola oleh admin dan lebih mudah dinavigasi untuk semua orang.

Meskipun tahun lalu, WhatsApp telah meluncurkan fitur Komunitas yang diciptakan untuk membantu orang mendapatkan hasil maksimal dari grup mereka di WhatsApp. Sekarang, perusahaan melangkah lebih jauh lagi.

Kontrol Baru untuk Admin

Dengan semakin banyaknya orang yang bergabung ke komunitas, WhatsApp memberikan admin grup lebih banyak kontrol atas privasi grup mereka, dengan memberi admin kemampuan untuk memutuskan siapa saja yang dapat bergabung dengan grup.

Cara kerjanya cukup sederhana, berdasarkan gambar yang dibagikan Meta dalam pengumumannya, ketika seseorang ingin bergabung ke dalam grup, mereka akan menunggu konfirmasi dari admin grup.

Admin grup akan melihat nama-nama orang yang ingin masuk ke dalam grup di tab Pending Participants. Di sana, admin akan melihat dua ikon yaitu silang (X) dan centang (√). Jika Anda mengonfirmasi orang untuk bergabung, Anda dapat memilih ikon centang, begitupun sebaliknya.

Lihat Grup yang Sama dengan Mudah

Selain itu, WhatsApp juga meluncurkan kemampuan yang akan memudahkan penggunanya untuk mengetahui di mana Anda dan seseorang berada di grup yang sama.

Cara kerjanya, jika Anda menuliskan nama kontak orang yang ingin Anda cari, maka, WhatsApp akan menampilkan grup bersama antara Anda dan orang tersebut di tab baru bernama "Groups in common" atau "Grup Bersama." Dari sana, Anda akan menemukan grup apa saja yang Anda ikuti bersama ornag tersebut.

Perlu diketahui bahwa kedua fitur tersebut akan mulai diluncurkan secara global dalam beberapa minggu mendatang. Jadi, Anda masih harus menunggu sebentar lagi sampai fitur itu tiba.