WhatsApp Punya Fitur untuk Atur Hanya Admin Grup yang Bisa Kirim Pesan, Cocok untuk Belajar Daring
WhatsApp Punya Fitur untuk Atur Hanya Admin Grup yang Bisa Kirim Pesan, Cocok untuk Belajar Daring (The Star)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp memperbarui aplikasi mereka dan memiliki fitur yang memungkinkan hanya admin dari sebuah grup obrolan yang diikuti penggunanya yang bisa mengirim pesan.

Fitur tersebut dikhususkan untuk admin grup tertentu di WhatsApp yang berfungsi untuk membagikan informasi tanpa ada balasan dari anggota lain. Dengan demikian, para anggota hanya bisa membaca setiap pesan yang dikirimkan oleh admin.

Fitur yang telah dirilis sejak 2018 itu pun sangat cocok untuk para guru di sekolah yang ingin membagikan materi pelajaran kepada siswanya. Pasalnya, para siswa dapat mengetahui uraian secara runtun karena tidak ada pesan yang dikirim oleh anggota WhatsApp lainnya seperti pertanyaan dan sebagainya.

Jika ingin melakukan diskusi, guru dapat membuat grup baru yang memungkinkan muridnya untuk melakukan tanya jawab mengenai materi yang diberikan.

Apabila Anda ingin membuat pesan di grup WhatsApp hanya bisa dikirim oleh admin saja, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI yang dihimpun dari berbagai sumber di bawah ini.

Cara Agar Hanya Admin yang Bisa Mengirim Pesan di WhatsApp

Untuk membuat grup yang Anda buat memungkinkan hanya admin yang bisa mengirim pesan, pengguna dapat membukan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, kemudian pilih salah satu grup.

Pastikan bahwa Anda merupakan salah satu admin dalam grup tersebut, atau justru Anda yang membuat grup yang dipilih.

Setelah itu, klik bagian nama grup yang berada di atas, kemudian pilih menu "Group Setting" pada opsi yang disediakan.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih menu "Send Messages" untuk mengatur siapa saja yang dapat mengirim pesan berupa chat atau lainnya di grup tersebut.

Pilih menu "Only Admin" sebagai orang yang bisa mengirim pesan di grup WhatsApp yang Anda pilih, kemudian klik "Ok" yang berada di pojok kanan bawah.

Dengan demikian hanya admin grup yang bisa mengirim pesan di grup tersebut untuk berbagi informasi kepada anggota lain, tanpa ada yang bisa membalasnya.

Setelah admin mengubah pengaturan tersebut, WhatsApp akan mengirim pemberitahuan di dalam grup yang berbunyi "Only admins can send messages" atau hanya admin yang bisa mengirim pesan dan akan dibaca oleh semua anggota grup.

Demikian adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat hanya admin yang bisa mengirim pesan di grup WhatsApp. Fitur tersebut cocok bagi guru yang ingin menyampaikan materi kepada siswanya.