Cara Membuat Katalog di WhatsApp Business untuk Mempromosikan Produk Anda
Cara Membuat Katalog di WhatsApp Business untuk Mempromosikan Produk Anda (NDTV)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp Business menjadi layanan yang banyak digunakan untuk mempromosikan produk tertentu, terutama pedagang online yang sedang merintis usahanya.

Pengguna dapat membuat menu katalog yang disediakan oleh WhatsApp Business, untuk menjajakan produk yang Anda miliki supaya lebih mudah dilihat dan ditemukan oleh calon pembeli.

Selain itu, fitur katalog di WhatsApp Business juga membuat penjual lebih mudah untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Pasalnya, calon pembeli yang melihat produk Anda dapat menghubungi langsung ke kontak Anda.

Anda pun dapat memberi keterangan mengenai produk yang dipajang pada menu katalog. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan foto produk, harga, hingga tautan yang dapat digunakan untuk mengunjungi website yang menjual produk Anda.

Cara membuat menu katalog di WhatsApp Business pun cukup mudah. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Membuat Menu Katalog di WhatsApp Business

Untuk membuat menu produk yang ingin Anda jajakan melalui WhatsApp Business, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp Business di perangkat Anda kemudian masuk menggunakan akun Anda.

Setelah itu, buka menu Pengaturan, dengan klik ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas. Pilih opsi Fitur Bisnis, dan pilih menu Katalog pada pilihan yang tersedia.

Jika Anda ingin membuat katalog baru, pengguna dapat memilih menu Tambah Produk atau Layanan. Selanjutnya, pilih ikon "+" untuk menambahkan produk, kemudian klik "Tambah Gambar".

Untuk menambahkan foto produk, klik "Pilih Foto" dan Anda dapat mengunggah foto yang ada di ruang penyimpanan perangkat Anda. Pengguna dapat menambahkan gambar hingga 10 foto pada produk yang Anda buat.

Setelah itu, masukkan nama produk atau layanan. Anda juga dapat memberikan keterangan lebih detail terhadap produk tersebut, seperti harga, deskripsi produk, hingga tautan yang dapat diklik untuk masuk ke link web (jika ada).

Setelah mengisi semua keterangan yang diperlukan, pengguna dapat memilih menu Simpan, untuk menyimpan menu produk yang Anda buat.

Dengan demikian, produk yang Anda buat akan muncul di halaman menu katalog yang ada di WhatsApp Business Anda. Pengguna dapat membuat daftar sesuai dengan jenis produk yang Anda jual menggunakan langkah di atas.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat menu katalog produk di WhatsApp Business, untuk membantu pengguna untuk mempromosikan barang dagangan dengan lebih mudah.