Bagikan:

YOGYAKARTA - Kepercayaan konsumen menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam bisnis. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan customer relation dan experience. Salah satunya dengan memanfaatkan platform digital yakni WhatsApp Business. Lantas bagaimana cara membangun kepercayaan konsumen lewat WhatsApp Business?

Setiap pebisnis atau pengusaha pastinya ingin mendapatkan konsumen yang loyal membeli produk atau menggunakan jasanya. Saat ini pebisnis bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan semakin mudah berkat adanya WhatsApp Business. Namun komunikasi dengan customer tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Oleh karena itu, pebisnis perlu tahu cara membangun kepercayaan konsumen menggunakan WhatsApp Business. Tentu saja pebisnis perlu membuat akun WhatsApp Business terlebih dahulu. 

Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Lewat WhatsApp Business

Membangun customer relation melalui WhatsApp Business tidak asal berkomunikasi, namun terdapat beberapa tips atau langkah-langkah yang perlu dijalankan. Berikut ini beberapa cara membangun kepercayaan pelanggan lewat WhatsApp Business yang bisa diterapkan oleh pebisnis. 

Membuat Profil Bisnis secara Lengkap

Sebelum memulai komunikasi dengan pelanggan, pastikan Anda sudah membuat profil bisnis secara lengkap di WhatsApp Business. Anda harus memasang foto profil yang jelas atau sesuai dengan gambaran bisnis Anda, misalnya pakai logo. Selain itu, pilih nama bisnis Anda secara akurat atau sesuai identitas usaha Anda. 

Dengan profil yang jelas maka akan memudahkan pengenalan mengenali bisnis Anda. Selain itu, isilah deskripsi bisnis Anda dengan informasi yang detail dan mudah dipahami. Anda juga perlu menjelaskan jenis produk atau layanan yang ditawarkan, nilai atau kelebihan yang diberikan, dan area layanan Anda. Pastikan juga untuk mencantumkan jam operasional usaha Anda agar konsumen tahu kapan bisa menghubungi Anda.

Menyajikan Katalog Produk

Pelanggan pastinya ingin mengetahui macam-macam produk atau jasa yang Anda tawarkan secara detail. Oleh karena itu, Anda perlu membuat katalog produk di WhatsApp Business untuk menampilkan apa saja produk yang dijual. 

Pada setiap produk yang ditampilkan dalam katalog, pastikan Anda mengisi keterangan dengan rinci atau lengkap mulai dari nama produk, deskripsi, harga, dan gambar dengan kualitas tinggi. Produk juga dapat dikelompokkan ke dalam kategori masing-masing, seperti membuat daftar jenis barang atau layanan diskon.

Selalu Menjawab Kebutuhan Pelanggan

Pebisnis biasanya akan mendapat banyak pertanyaan dari konsumen atau calon pelanggan. Supaya pelanggan nyaman dan percaya dengan bisnis Anda, pastikan untuk selalu merespons pesan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai dan puas dengan layanan yang Anda berikan. 

Jadi Anda harus selalu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen secara baik dan jelas. Misalnya ketika muncul pertanyaan yang sering diajukan (FAQs), Anda dapat menghemat waktu dalam merespons pesan dari konsumen. Dengan cara ini, konsumen merasa puas dan diperhatikan karena mendapat jawaban atas pertanyaannya.

Fast Respon

Tanggapi pertanyaan atau permintaan pelanggan secepat mungkin. Pelanggan akan menghargai layanan yang responsif dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan jawaban. Gunakan teknologi seperti chatbot atau sistem tiket untuk mengotomatisasi beberapa aspek layanan pelanggan. Dengan begitu Anda dapat memproses dan merespons pertanyaan pelanggan lebih cepat. 

Kirim Pesan Lebih Personal

WhatsApp Business API memungkinkan Anda mengirimkan pesan yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan atau mengadaptasi kepribadian pelanggan Anda. Platform ini dilengkapi dengan fitur template pesan untuk pembuatan berbagai jenis pesan seperti yang diinginkan. Coba terapkan tone pesan yang lebih personal untuk menciptakan kenyamanan dalam komunikasi dan interaksi dengan pelanggan Anda.

Demikianlah cara membangun kepercayaan konsumen lewat WhatsApp Business yang bisa diterapkan oleh para pebisnis. Sejumlah langkah di atas akan membantu Anda dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau customer relation dan experience. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.