Strategi Promosi Bisnis di Bidang Jasa, Kepercayaan dan Kepuasaan Klien Jadi Prioritas Utama
Ilustrasi bisnis di bidang jasa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bisnis tidak hanya bermodelkan menjual produk atau barang fisik. Ada juga bisnis yang menjual atau menawarkan layanan jasa. Bisnis jasa menawarkan service keterampilan di bidang tertentu sesuai kebutuhan klien. Untuk bisa mendapat klien, strategi pemasaran bisnis jasa pun memiliki perbedaan dengan penjualan produk. Bagaimana cara promosi bisnis di bidang jasa?

Di era digital seperti sekarang, bisnis di bidang jasa semakin banyak bermunculan. Berkat mudahnya komunikasi secara online, orang-orang pun semakin mudah menawarkan jasa sesuai keterampilan yang dimiliki. Layanan jasa banyak dibutuhkan oleh konsumen (B2C) maupun perusahaan atau bisnis lain (B2B). 

Tentu saja bisnis di bidang jasa juga memiliki banyak kompetitor. Anda harus bersaing dengan kompetitor untuk bisa menarik hati klien. Lantas seperti apa strategi promosi bisnis di bidang jasa yang perlu Anda terapkan?

Strategi Promosi Bisnis di Bidang Jasa

Saat memasarkan bisnis jasa, Anda harus fokus pada layanan jasa yang ditawarkan. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggaet klien jika produk Anda tidak berwujud barang atau nonfisik? Kepercayaan dan kepuasaan klien adalah fokus utama dalam bisnis di bidang jasa. 

Berikut ini tips promosi bisnis di bidang jasa untuk memperoleh banyak klien:

Memanfaatkan Media Sosial

Sama seperti menjual barang atau produk fisik, bisnis jasa harus memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Anda perlu memiliki akun media sosial dan aktif membuat konten untuk mengenalkan jasa yang Anda tawarkan. 

Anda perlu menggunakan berbagai fitur dalam media sosial untuk branding bisnis jasa Anda. Lewat media sosial, Anda bisa menujukkan apa saja detail jasa yang ditawarkan, portofolio atau testimoni klien, hingga kontak yang bisa dihubungi. 

Melalui Website dengan Optimasi SEO

Salah satu cara efektif untuk promosi bisnis jasa adalah melalui website, mengingat banyak orang melakukan pencarian di Google atau search engine. Anda perlu membuat website sebagai rumah atau profil dari bisnis Anda. Calon konsumen bisa mengetahui detail informasi mengenai jasa yang Anda tawarkan melalui laman website Anda. 

Saat membangun website, Anda juga perlu memanfaatkan strategi SEO. Jika Anda tidak melakukan optimasi SEO, maka website Anda tidak akan muncul di halaman teratas Google sehingga sulit ditemukan calon konsumen. Dengan menerapkan SEO, website Anda akan mudah ditemukan sehingga potensi mendapat klien pun semakin tinggi. 

Memberikan Service Prima

Kepercayaan adalah kunci utama dalam sebuah bisnis. Untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen, Anda perlu menunjukkan secara detail seperti apa jasa yang Anda tawarkan. Sampaikan juga output atau jaminan yang didapat klien ketika menggunakan jasa Anda. 

Saat berhasil deal dan bekerja sama dengan klien. Anda perlu memberikan layanan secara profesional agar klien terpuaskan. Apabila klien puas, mereka akan melakukan repeat order atau menjadi langganan dari jasa Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai cara promosi bisnis di bidang jasa. Kepercayaan dan kepuasaan klien menjadi prioritas yang harus dipenuhi oleh bisnis di bidang jasa. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.