Apa Itu Paid Promote: Strategi Digital Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis
Paid promote adalah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada banyak strategi digital marketing yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis. Salah satunya adalah menggunakan jasa paid promote untuk membantu mempromosikan produk atau layanan dari bisnisnya melalui media online. Oleh karena itu pebisnis perlu tahu cara manfaat memakai paid promote untuk pemasaran yang efektif. 

Paid promote adalah promosi berbayar yang menggunakan jasa pihak ketiga, bisa itu media, influencer, selebgram, dan lainnya. Strategi paid promote telah dijalankan oleh banyak pemilik bisnis atau brand karena terbukti mampu menjangkau audiens lebih luas. Paid promote dapat membantu meningkatkan brand awareness dan potensi penjualan. 

Iklan produk menggunakan paid promote dapat dilakukan di berbagai platform digital seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan sebagainya. Bagi pemilik bisnis yang ingin brand atau produknya dikenal lebih luas dan menciptakan peluang sales, maka wajib tahu apa itu paid promote dan strategi menerapkannya.

Apa Itu Paid Promote?

Paid promote adalah strategi promosi produk atau layanan bisnis dengan cara kerjasama dengan pihak ketiga. Brand atau bisnis akan menggunakan jasa dari pihak ketiga yang memiliki pengikut besar di media sosial untuk membantu mempromosikan produk atau layanannya. 

Strategi paid promote dilakukan untuk tujuan meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) dan menarik minat audiens supaya membeli produk. Melalui akun media populer, influencer, atau selebgram dengan pengikut banyak, maka semakin banyak orang yang mengenal produk dan kemungkinan tertarik untuk menggunakan produknya. 

Konsep dari strategi paid promote dilakukan oleh brand atau bisnis dengan membayar akun pengikut besar untuk mempromosikan produknya. Biasanya brand akan memberikan brief atau arahan seperti apa cara promosi yang harus dilakukan. Selain itu, ada juga brand yang menyediakan konten promosinya untuk digunakan oleh jasa paid promote. 

Jika Anda sering melihat influencer atau selebgram yang mengunggah foto atau video yang menunjukkan pemakaian produk, maka konten tersebut bisa termasuk paid promote. Dalam konten tersebut biasanya berisi campaign penjelasan cara pemakaian, spesifikasi produk, hingga harga dan cara membelinya. 

Manfaat Paid Promote untuk Bisnis di Era Digital

Paid promote menjadi salah satu strategi digital marketing yang efektif demi kemajuan bisnis. Mengingat saat ini semakin banyak pengguna media sosial, pemilik bisnis harus pandai memanfaatkan berbagai platform digital untuk melakukan pemasaran atau iklan produk. Para pengguna media sosial biasanya akan tertarik mengikuti aktivitas influencer atau selebgram yang diikut.

Oleh karena itu, strategi paid promote perlu diterapkan oleh pemilik bisnis supaya produknya dikenal audiens lebih luas dan semakin diminati. Bagi Anda yang mungkin baru terjun di dunia digital marketing, berikut ini beberapa manfaat paid promote bagi bisnis:

Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu tujuan utama dari paid promote adalah membantu meningkatkan brand awareness. Melalui kolaborasi dengan pihak ketiga, promosi produk atau layanan bisa menjangkau pengguna media sosial lebih luas dan lebih banyak. 

Semakin banyak pengakuan terhadap suatu brand, maka kredibilitas atau kepercayaan akan brand tersebut juga semakin meningkat. Audiens yang awalnya ragu kepada suatu merek, kemudian bisa tertarik dan yakin untuk membelinya. Begitu juga dengan audiens yang belum mengenal suatu merek, kemudian menjadi tahu terhadap produk atau layanannya. 

Mengkomunikasikan Pesan ke Audiens

Manfaat lain dari paid promote adalah untuk menyampaikan pesan dari sebuah brand atau bisnis kepada audiens. Promosi atau iklan yang dilakukan oleh pihak ketiga dapat menjadi cara komunikasi yang efektif kepada audiens yang ditargetkan.

Pihak ketiga akan membuat konten paid promote berisikan penjelasan mengenai produknya, baik dari segi kualitas, benefit, dan value-value lainnya. Dengan publikasi konten paid promote ini, maka semakin banyak orang yang memahami keunggulan brand atau bisnis tersebut. 

Meningkatkan Engagement

Strategi paid promote juga dapat meningkatkan engagement pada akun Instagram suatu brand atau bisnis. Iklan yang dilakukan oleh influencer atau selebgram dapat menarik interaksi dari audiens di media sosial. Engagement yang didapatkan bisa dalam bentuk komentar, like, repost, simpan, dan sebagainya. 

Promosi yang Efektif

Paid promote juga menjadi cara promosi yang efektif melalui media sosial. Mengingat media sosial telah menjadi habit atau kebiasaan manusia dalam berkomunikasi dan mencari informasi, iklan produk di platform digital bisa menjangkau orang lebih banyak dan lebih cepat. 

Menghemat Budget Iklan

Manfaat selanjutnya dari paid promote adalah dapat menghemat budget iklan. Promosi di media sosial disebut sebagai cara praktis dan ekonomis dibandingkan jenis iklan lainnya seperti melalui baliho, event, dan sebagainya. Dengan menjalankan online campaign maka bisa mengurangi biaya pengeluaran. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu paid promote dan manfaatnya bagi pemilik bisnis di era digital. Paid promote adalah salah satu strategi digital marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness suatu brand hingga bisa meningkatkan peluang penjualan. Baca juga apa itu live selling sebagai metode jualan online era terkini. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.