Apa Itu Green Marketing: Tujuan dan Penerapannya dalam Strategi Bisnis
Apa itu green marketing (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Strategi bisnis diterapkan menyesuaikan dengan tantangan dan perkembangan zaman. Salah satunya adalah green marketing sebagai strategi bisnis di tengah meningkatnya permasalahan lingkungan. Namun sebagian pebisnis masih belum tahu apa itu green marketing dan manfaatnya.

Saat ini semakin banyak pemilik bisnis atau perusahaan yang menjalankan green marketing. Strategi pemasaran ini dilakukan untuk menggaet pembeli, sekaligus sebagai sebagai upaya dari bisnis untuk turut berperan dalam menjaga lingkungan. Penerapan green marketing dilakukan baik dari segi produk, layanan, hingga visi dan misinya. 

Green marketing menjadi metode pemasaran yang cukup seksi mengingat masyarakat semakin aware dengan isu permasalahan lingkungan. Para konsumen lebih memilih produk ramah lingkungan maupun bisnis yang berkomitmen mengatasi environmental problem. Lantas apa itu green marketing dalam bisnis dan cara penerapannya?

Apa Itu Green Marketing?

Green marketing adalah konsep pemasaran yang mempertimbangkan aspek lingkungan dalam semua aktivitas pemasarannya. Dikutip dari The American Marketing Association (AMA), green marketing merupakan pemasaran produk yang lebih menekankan keselamatan lingkungan hidup. 

Dalam strategi pemasaran green marketing, kepedulian terhadap lingkungan diterapkan pada seluruh aktivitas perusahaan mulai dari modifikasi produk, proses produksi, packaging dan distribusi, hingga iklannya. Green marketing diterapkan untuk merangsang dan mempertahankan perilaku konsumen yang ramah lingkungan. 

Penerapan green marketing sebenarnya adalah hal yang wajar karena strategi bisnis perlu menyesuaikan dengan tantangan zaman dan kebutuhan konsumen. Di era meningkatnya permasalahan lingkungan dan krisis iklim, semakin banyak orang yang sadar mengenai pentingnya keselamatan lingkungan dan pelestarian alam. 

Perusahaan atau bisnis memanfaatkan isu keselamatan lingkungan atau alam untuk menyusun strategi promosi dan pemasaran produk serta layanannya. Strategi ini dilakukan untuk merespon dan meyakinkan harapan konsumen dalam mencegah kerusakan lingkungan. 

Tujuan Green Marketing

Green marketing dilakukan untuk menanggapi dan merespon kesadaran konsumen akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Isu krisis iklim dan permasalahan lingkungan turut mempengaruhi pola pikir dan perilaku konsumen dalam membeli produk untuk kebutuhan sehari-hari. 

Saat ini semakin banyak konsumen atau customer yang memiliki membeli dan menggunakan produk yang lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu penerapan green marketing pun semakin marak dijalankan oleh perusahaan atau bisnis. 

Fenomena sosial ini membuat perusahaan berlomba-lomba menerapkan green branding sebagai nilai tambah dalam bisnisnya. Green branding dan green marketing bertujuan untuk meningkatkan daya saing sekaligus memproduksi barang-barang yang bersifat eco-friendly atau ramah lingkungan. 

Tujuan dari green marketing merujuk pada kebutuhan, keinginan, dan kepuasan konsumen dalam kepeduliannya akan pelestarian lingkungan. Berangkat dari fenomena ini, maka green marketing menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia bisnis era sekarang. 

Tren green marketing bisa dilihat dari semakin banyak perusahaan yang menjual produk-produk ramah lingkungan dan memberikan pelayanan yang memuat nilai go green. Konsep green branding pun hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan langkah meminimalisir dampak kerusakan terhadap lingkungan. 

Terdapat tiga aspek fundamental dari green marketing, dikutip dari AMA sebagai berikut:

  • Retailing: pemasaran produk yang dinilai aman bagi lingkungan atau alam.
  • Social marketing: pengembangan dan pemasaran produk yang dirancang untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan.
  • Environments: upaya perusahaan untuk memproduksi, mempromosikan, mengemas, dan mengklaim kembali produk dengan cara yang peka atau responsif terhadap masalah ekologis.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu green marketing dan penerapannya sebagai strategi pemasaran dalam bisnis atau perusahaan. Konsep green marketing banyak diadopsi untuk memenuhi kebutuhan konsumen di era sekarang yang semakin peduli dengan kelestarian lingkungan dan alam. Baca juga apa itu strategi marketing public relations.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.