Bagikan:

YOGYAKARTA – Strategi digital marketing adalah serangkaian upaya untuk membangun kehadiran bisnis di berbagai platform digital.

Melalui strategi digital marketing, sebuah bisnis bisa menjangkau customer ataupun calon customer di berbagai platform digital, menciptakan brand awareness (kesadaran merek) dan meningkatkan nilai konversi.

Cara Membuat Strategi Digital Marketing

Seperti yang sudah disinggung di atas, strategi digital marketing dibuat untuk menciptakan brand awareness dan menarik customer baru ke brand Anda.

Dengan memiliki strategi digital marketing yang efektif, Anda akan dapat mencapai tujuan digital tertentu. Lantas, bagaimana cara membuat strategi digital marketing yang efektif? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Bisnis dan Campaign

Sebelum membuat strategi digital marketing, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan bisnis dan tujuan campaign alias marketing.

Tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang ingin dicapai dengan bisnis beserta strategi pemasaran yang akan digunakan secara rinci dan spesifik.

Dengan begitu, Anda akan tetap fokus terhadap langkah yang akan diambil. Tanpa adanya tujuan, Anda mungkin tidak pernah tau seperti apa pemasaran yang sukses.

2. Lakukan Riset Pasar

Sebuah bisnis akan susah berkembang tanpa ada riset pasar yang mendalam. Serangkaian riset yang dilakukan bisa mengembangkan pemahaman dan mempermudah pengambilan keputusan. Riset pasar dapat menjadi alat untuk memahami kompleksitas masalah bisnis Anda.

Riset pasar bisa dilakukan dengan cara meminta orang terdekat untuk memberikan feedback terhadap bisnis Anda dan apa yang diinginkan konsumen dari bisnis dan produk Anda.

Kendati respon yang didapat tidak utuh, Anda akan mendapatkan banyak wawasan baru yang bisa diterapkan dalam strategi digital marketing.

3. Menentukan Audiens yang Ingin Ditarget

Ilustrasi
Ilustrasi (Unsplash/Firmbee.com)

Cara membuat strategi digital marketing yang berikutnya adalah menentukan target audiens untuk produk atau bisnis Anda.

Target Audiens adalah kelompok konsumen tertentu yang paling mungkin menginginkan produk atau layanan Anda.

Dikutip VOI dari Reliablesof, Senin, 21 November 2022, dalam identifikasi audiens Anda, Anda harus memasukkan hal-hal seperti:

  • Usia audiens yang ditarget
  • Jenis kelamin
  • Latar belakang pendidikan
  • Status pernikahan
  • Status keluarga
  • Pekerjaan
  • kepentingan mereka

4. Pahami Konsep Digital Marketing Funnel

Yang dimaksud digital marketing funnel adalah model yang mewakili proses perjalanan calon customer dalam mengenal produk atau bisnis Anda.

Langkah ini memudahkan untuk memahami audiens yang menjadi target dari bisnis Anda.

5. Bikin Perencanaan Pengembangan Konten

Perencanaan pengembangan konten atau content plan adalah dokumen yang meliputi semua aset pemasaran dan fungsi pengumpulan data yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, content plan juga terdiri dari timeline kerja dan apa saja yang akan Anda lakukan dalam waktu tertentu serta jenis konten apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan pemasaran digital Anda untuk masing-masing channel.

6. Mengevaluasi Strategi Digital Marketing

Setelah Anda memiliki strategi digital marketing yang efektif, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengevaluasi strategi secara berkala.

Ketahui bagaimana pelanggan berinteraksi dengan apa yang Anda bagikan serta seberapa efektif usaha Anda dalam mencapai tujuan yang sudah Anda tetapkan.

7. Menganalisa Seluruh Aset yang Sudah Digunakan

Terakhir, lakukan analisa terhadap seluruh aset bisnis dan platform yang sudah Anda gunakan, termasuk situs web, konten blog, akun media sosial dan lain sebagainya.

Langkah ini bisa membantu Anda memperbaiki arah dan belajar dari hal-hal yang tidak sesuai rencana.

Demikian informasi seputar cara membuat strategi digital marketing yang efektif dan tepat sasaran. Semoga bermanfaat!