Langkah Menyusun Strategi Persaingan Bisnis agar Unggul dari Kompetitor
Ilustrasi strategi persaingan bisnis (Unsplash/Firmbee.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Persaingan bisnis adalah tantangan bagi pemilik usaha atau wirausahawan. Setiap pelaku bisnis akan selalu terlibat dalam persaingan bisnis, baik itu pengusaha lama maupun enterpreneur muda atau pemula. Oleh karena itu, anda perlu menyusun strategi persaingan bisnis agar lebih unggul dari kompetitor.

Banyak orang mengira menjadi pebisnis adalah hal yang menyenangkan dan mudah. Padahal persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat dan berat. Jika anda kalah saing dari kompetitor, bisnis anda akan tertinggal dan sulit meraih keuntungan, hingga berpotensi bangkrut. Anda dituntut untuk berkompetisi secara gigih, cerdas, inovatif, dan tentunya secara sehat. 

Bagaimana Menyusun Strategi Persaingan Bisnis?

Menyusun strategi bisnis harus dilakukan sejak akan memulai bisnis. Tanpa adanya strategi, bisnis anda hanya akan berjalan bagaikan kendaraan yang melaju tanpa driver, peta, dan tujuan yang jelas. Oleh karena itu anda harus memahami strategi persiangan bisnis berikut ini.

Analisa Pasar

Strategi bisnis yang perlu anda jalankan pertama adalah melakukan analisa atau riset pasar. Riset pasar sudah harus dilakukan sebelum bisnis anda launching atau dirilis. Hasil dari riset pasar ini menjadi bekal pemilik bisnis memenangkan persaingan bisnis. 

Dalam analisa pasar, pemilik bisnis akan mengamati  beberapa hal, seperti segmen pasar, kebutuhan pelanggan, kompetitor, tren bisnis, kualitas produk, harga jual, hingga kelemahan dan kelebihan dari brand pesaing. Selain itu, hasil analisa pasar juga menjadi bahan pertimbangan pemilik bisnis untuk melakukan inovasi.

Meningkatkan Brand Awarness 

Salah satu kunci penting dalam memenangkan persaingan bisnis adalah branding atau pengenalan brand. Seberapa brand anda dikenal akan sangat berpengaruh pada penjualan produk bisnis anda. Strategi brand awarness bertujuan untuk membuat brand anda lebih dikenali daripada brand pesaing. 

Ada beberapa elemen penting dalam meningkatkan brand awarness, di antaranya nama brand, logo, identitas warna, style komunikasi, service, hingga desain kemasan. Pastikan elemen-elemen tersebut menggambarkan identitas bisnis anda. Buatlah brand yang memiliki persona kuat dan mempunyai keunikan yang berbeda dari brand lain. 

Memperhatikan Nilai Produk

Bisnis adalah kegitan menjual produk baik yang berbentuk fisik atau jasa kepada target pasar. Anda perlu memperhatikan kualitas ata nilai produk anda karena hal itulah yang dinilai pertama kali oleh konsumen. Buatlah produk yang bagus agar konsumen suka, nyaman, dan tidak kecewa. 

Pastikan produk anda memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Beberapa komponen yang menentukan kualitas produk, di antaranya bahan baku, proses pembuatan, bentuk dan estetika, inovasi, hingga packaging. Jadi buatlah produk sebagus mungkin dan jangan lupa untuk menawarkan keunikan atau inovasi dari produk anda. 

Promosi dan Marketing secara Jitu

Produk yang berkualitas bagus tidak akan terjual tanpa marketing yang jitu juga. Jadi marketing atau promosi adalah hal penting dalam menyusun strategi bisnis. Ada berbagai macam teknik marketing dan media promosi yang bisa anda gunakan. Untuk mengetahui cara pemasaran yang tepat, anda harus mengenali target pasar anda dan tren kebiasaan pelanggan. 

Di era sekarang, digital marketing menjadi teknik pemasaran yang sangat jitu. Kebiasaan menggunakan perangkat elektronik untuk mengakses platform online membuat kebiasaan berbelanja pun berubah. Kini banyak orang memilih belaja melalui platform online, seperti Shopee, Tokopedia, Marketplace Facebook, TikTok Shop, Landing Page, dan sebagainya.

Anda harus memanfaatkan media digital untuk melakukan pemasaran produk anda. Pertama produk anda harus tersedia secara online, atau membuat toko online. Kedua, lakukan promosi dengan membuat konten-konten yang menarik dan relevan dengan pelanggan. Anda bisa menyajikan foto produk, copywriting yang menggiring pembaca, hingga program-program belanja seperti promo dan diskon. 

Itulah tips menyusun strategi persaingan bisnis agar bisa unggul dari kompetitor anda. Anda perlu terus mengevaluasi dan mengembangkan strategi bisni karena setiap perkembangan zaman akan menuntut perubahan dan kebaruan dalam bisnis. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.