4 Perbedaan Strategi <i>Blue Ocean</i> dan <i>Red Ocean</i>, Mana yang Lebih Cocok Diaplikasikan untuk Bisnis?
Ilustrasi (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengerek pertumbuhan bisnis serta membuat perusahaan menjadi lebih unggul dari kompetitor. Lantas, apa itu blue ocean strategy dan red ocean strategy? Apa perbedaan strategi blue ocean dan red ocean? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak dalam artikel berikut ini.

Pengertian Strategi Blue Ocean

Menyadur laman Daily Social, blue ocean strategy atau strategi Samudera biru adalah suatu strategi ofensif yang dilakukan perusahaan untuk mencari ruang pasar atau target market baru dan tentunya belum ada kompetitor.

Dalam pendekatan strategi samudera biru, perusahaan tidak berfokus pada mencoba mengalahkan pesaing, namun mencari cara untuk menciptakan pasar baru dengan menawarkan nilai yang unik kepada pelanggan.

Pengertian Strategi Red Ocean

Berbanding terbalik dengan blue ocean strategy, red ocean adalah sebuah strategi di mana perusahaan berusaha untuk mengungguli kompetitor dengan tujuan untuk merebut atau mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Strategi ini sangat umum dipakai oleh pelaku bisnis. Metodenya dapat berupa menjual produk dengan harga yang lebih murah dari kompetitor, menawarkan produk yang lebih baik, bekerja sama dengan distributor tertentu, dan lain sebagainya.

Perusahaan yang menerapkan red ocean strategy umumnya akan berkompetisi pada suatu industry yang sudah matang dan tidak berusaha menciptakan produk baru yang belum memiliki kompetitor.

Perbedaan Strategi Blue Ocean dan Red Ocean

Perbedaan strategi blue ocean dan red ocean dapat dilihat dari beberapa hal, di antaranya:

1. Kondisi pasar

Perbedaan strategi blue ocean dan red ocean yang paling kentara adalah kondisi pasar.

Pada blue ocean strategy, perusahaan tidak memiliki kompetitor karena berusaha menciptakan produk baru yang belum ada di pasaran. Strategi ini akan berjalan dengan baik bila perusahaan berhasil mencari target market baru.

Sementara pada red ocean strategy, tingkat persaingan pasar sangat ketat, di mana perusahaan berusaha menjadi lebih unggul ketimbang kompetitor.

Red ocean strategy yang umum dijalankan oleh perusahaan adalah menawarkan produk yang lebih unggul atau menjual produk dengan harga yang lebih murah dari kompetitor.

2. Kompetisi

Perbedaan strategi blue ocean dan red ocean yang kedua dapat dilihat dari kompetisi dalam memasarkan produk.

Blue ocean strategy berusaha membuat kompetisi menjadi tidak relevan, karena perusahaan tidak memiliki kompetitor.

Sementara strategi red ocean berusaha memenangkan kompetisi di sebuah pasar yang industrinya sudah terdefinisi dan sudah matang.

3. Permintaan pasar

Perusahaan yang menjalankan strategi blue ocean akan berusa membuat dan menjangkau permintaan baru.

Pada red ocean strategy, upaya yang dilakukan perusahaan adalah mengeksploitasi permintaan pasar.

4. Sistem kegiatan

Pada blue ocean strategy, perusahaan akan mencoba mengejar biaya yang murah dan diferensiasi produk.

Sementara pada red ocean strategy, perusahaan yang menjalankannya akan fokus pada satu hal, antara diferensi produk atau berusaha mendapatkan biaya produksi yang murah.

Demikian informasi tentang perbedaan strategi blue ocean dan red ocean. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.