Mengenal Strategi Pemasaran Blue Ocean yang Bisa Diterapkan di Bisnis Anda
Ilustrasi bisnis (Freepik-gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dari berbagai strategi bisnis yang perlu diketahui, pebisnis disarankan untuk mengenal strategi pemasaran blue ocean. Secara umum strategi itu dilakukan dengan mencari pasar baru untuk produk bisnis. Blue ocean dikenal sebagai strategi bisnis yang ampuh untuk datangkan keuntungan.

Dengan mengenal strategi blue ocean, pebisnis bisa menerapkannya pada bisnis yang sedang berkembang sehingga mampu menguasai pasar.

Mengenal Strategi Pemasaran Blue Ocean

Strategi Blue Ocean atau strategi samudera biru adalah strategi yang dilakukan dengan menghindari persaingan ketat di satu ruang pasar. Sebaliknya, strategi ini justru menekankan pada pencarian ruang pasar baru dan permintaan baru sehingga tak perlu bersaing dengan bisnis manapun.

Strategi ini pertama kali diperkenalkan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Dalam strategi ini ada dua istilah untuk menggambarkan pasar bisnis yakni red ocean dan blue ocean. Istilah red ocean merujuk pada sebuah pasar yang di dalamnya terdapat persaingan sangat ketat sehingga bisnis yang bersaing di red ocean terpaksa harus saling bersaing bahkan saling menjatuhkan.

Sedangkan blue ocean, dalam situs blueoceanstrategy, merujuk pada ruang pasar yang tak diketahui dan tidak ternodai oleh persaingan bisnis. Di blue ocean permintaan bukan diperebutkan namun diciptakan. Dengan begitu bisnis lebih berpeluang untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan secara cepat.

Cara Menerapkan Strategi Blue Ocean

Penerapan blue ocean memang tidak mudah untuk dilakukan. Pebisnis dituntut untuk kreatif dan cerdas melihat pasar yang ada. Pebisnis juga butuh modal besar karena perusahaan harus melakukan berbagai kegiatan di pasar baru seperti kegiatan promosi, edukasi, hingga branding, dan itu semua dilakukan dengan cakupan pasar yang luas.

Ada empat tindakan yang perlu dilakukan oleh pebisnis untuk menerapkan strategi ocean pada bisnis mereka yakni sebagai berikut.

  1. Eliminasi (Eliminate)

Saat menerapkan strategi ini, pebisnis harus sadar bahwa tidak semua kebaikan yang ada di bisnis berguna untuk masyarakat. Oleh karena itu lakukan eliminasi atau penghapusan hal-hal yang sekiranya tak menunjang produk. Sebagai gantinya, lakukan optimalisasi pada fitur produk atau bagian lain yang sudah ada.

  1. Pengurangan (Reduce)

Poin ini berbeda dengan eliminasi. Pengurangan atau reduce dilakukan dengan mengurangi unsur tertentu yang sifatnya tetap diperlukan. Misalnya, Anda melakukan pengurangan pada fitur produk hingga di bawah standar produksi.

Pengurangan dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Jika setelah pengurangan dilakukan namun tak berdampak banyak pada nilai priduk, disarankan untuk melakukan penghilangan.

  1. Peningkatan (Raise)

Pebisnis juga harus melakukan peningkatan pada hal-hal yang diunggulkan. Jika diperlukan peningkatan dilakukan di atas standar industri. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan identitas pembeda dengan produk lain.

  1. Penciptaan (Create)

Lakukan penciptaan produk atau hal baru yang belum ada atau belum pernah dilakukan oleh industri pesaing. Poin ini menekankan pada terobosan baru demi memikat ketertarikan konsumen. Usahakan untuk melakukan penciptaan yang dapat diterima pasar dengan mudah.

Contoh Strategi Blue Ocean

Dalam situs blueoceanstrategy, kesuksesan Nintendo jadi salah satu contoh penerapan strategi blue ocean. Perusahaan gim dari Jepang itu sempat bersaing secara ketat dengan kompetitor besarnya yakni Sony dan Microsoft yang mendominasi pasar.

Namun di tahun 2006, perusahaan menerapkan strategi blue ocean. Saat Sony dan Microsoft fokus pada pasar gamer, Nintendo mempelajari pasar non-gamer hingga terciptakan Wii, konsol game yang sederhana, menekankan pada fungsionalitas, dan interativitas. Pengertian apa itu konsol game sendiri telah kami rangkum di artikel lain.

Nintendo kemudian melakukan pengurangan faktor yang dianggap penting seperti grafis, suara jernih, chip cepat, konsol dengan tombol yang banyak, dan masih banyak lagi. Sebaliknya, gim yang mereka sediakan adalah permainan yang mudah, lebih menekankan pada kesenangan, dan sebagainya.

Itulah informasi terkait mengenal strategi pemasaran blue ocean. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.