Apa Itu Konsol Game? Ini Pengertian hingga Contohnya
Ilustrasi konsol game (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Konsol game adalah salah satu piranti bermain gim yang kini makin diminati. Piranti tersebut mengandalkan teknologi yang di dalamnya tersedia berbagai permainan yang bisa dimainkan oleh player. Lalu, apa itu konsol game sebenarnya?

Apa Itu Konsol Game

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah konsol dalam konteks gim merujuk pada unit kendali yang bisa dipakai oleh pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer. Pengertian konsol game secara umum juga bisa dimaknai sebagai gim video yang dimainkan dengan piranti konsol game. Piranti tersebut harus disambungkan ke televisi atau jenis monitor lain untuk menampilkan gambar dan sound atau suara.

Monitor akan menampilkan jenis permainan yang tersimpan pada konsol game yang berfungsi sebagai kendali. Konsol juga harus tersambung dengan kontroler atau biasa disebut dengan joystick. Kontroler tersebut dipakai oleh manusia sebagai media perintah atau untuk mengendalikan permainan. Pada kontroler terdapat berbagai tombol yang berupa tombol arah atau tombol dengan fungsi lain.

Dikutip dari situs sciencedirect, konsol game sebenarnya adalah komputer karena terdiri dari hard drive serta beroperasi dengan sistem operasi khusus dari pabrikan. Konsol juga mampu menyimpan informasi dan dapat bekerja sesuai perintah penggunanya dalam batasan-batasan tertentu.

Perkembangan konsol game dimulai sekitar tahun 1972. Kala itu televisi yang berfungsi sebagai perangkat pasif diubah menjadi lebih interaktif. Peluncuran pertama konsol video game bernama Magnavox Odyssey.

Konsol Magnavox Odyssey memiliki permainan sederhana yang dapat dimainkan oleh manusia. Grafis yang dihasilkan masih sangat sederhana bahkan masih monokrom. Sedangkan kontroler yang digunakan juga masih sederhana dengan tombol putar.

Contoh Konsol Game

Saat ini banyak perusahaan teknologi yang memproduksi konsol game. Tiap produk konsol game memiliki ciri khas dan permainan yang berbeda-beda. Contoh konsol game yang populer adalah sebagai berikut.

  1. Nintendo

Nintendo adalah perusahaan teknologi spesialis gim yang berbasis di Jepang. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1889, namun mereka berhasil memproduksi konsol video game pertama pada tahun 1977 lewat Color TV-Game. Hingga saat ini Nintendo terus memproduksi konsol game berbagai tipe, salah satunya adalah Nintendo Wii.

  1. Sega

Sega jadi salah satu merk game konsol yang juga populer. Bahkan perusahaan Sega cukup dipertimbangkan di industri gim. Salah satu produk yang berhasil diproduksi Sega adalah Sega genesis yang menghadirkan hingga 42 gim dan semua bisa dimainkan oleh manusia.

  1. PlayStation

PlayStation (PS) adalah produk konsol game yang sangat terkenal. Konsol ini diproduksi oleh perusahaan bernama Sony Interactive Entertainment. Dalam konsol PS terdapat berbagai jenis gim mulai dari petualangan, balap, hingga peperangan. Sampai saat ini, Sony masih terus memproduksi konsol game PS. Versi PS terbaru adalah PlayStation 5.

Selain terkait apa itu konsol game, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.