Bisakah Konsol PS4 Digunakan untuk Bermain PS5? Begini Jawabannya!
Bisakah Konsol PS4 Digunakan untuk Bermain PS5 Begini Jawabannya (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - PlayStation merupakan salah satu game paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Sony, sebagai perusahaan pengembang telah merilis berbagai jenis PlayStation, mulai dari PS1, PS2, hingga PS5.

Setiap seri PlayStation memiliki jenis konsol atau alat pengontrol permainan yang berbeda dan biasanya hanya bisa digunakan untuk jenis PlayStation tertentu saja. Misalnya, jika Anda bermain PS2 maka pengguna harus menggunakan konsol PS2 untuk memainkannya.

Akan tetapi, khusus untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5, Anda bisa memainkan game menggunakan jenis konsol yang sama. Kendati begitu, tidak semua game PS5 bisa dimainkan menggunakan konsol PS4. Dengan kata lain konsol PS4 hanya bisa digunakan untuk memainkan game PS tertentu saja.

Sementara itu, untuk jenis konsol lainnya tidak bisa digunakan untuk memainkan jenis PlayStation yang berbeda. Apabila Anda mencobanya, akan muncul peringatan "Tidak dapat menggunakan pengontrol nirkabel ini untuk memainkan game PS5 (atau jenis lainnya)".

Dikutip dari HowToGeek, terdapat sejumlah game PS5 yang bisa dimainkan dengan konsol PS4. Berikut ini tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memasang konsol Game PS4 untuk memainkan game PS5.

Cara Menggunakan Konsol PS4 di PS5

Untuk bisa memainkan PlayStation 5 menggunakan konsol PS4, pengguna dapat melihat daftar game PS5 dengan PS4 yang ada di situs resmi Sony, atau kunjungi FAQ Ultimate PS5.

Setelah itu, sambungkan konsol PS4 dengan perangkat PS5 menggunakan kabel USB. Pakai kabel Micro-USB dan pasang ke perangkat PlayStation serta konsol Anda.

Setelah menyambungkan perangkat PlayStation dengan konsole game menggunakan kabel USB, pengguna dapat menekan tombol PlayStation yang ada di bagian tengah konsole Anda hingga menyala.

Dengan demikian, konsol PS4 yang Anda gunakan sudah terhubung dengan PlayStation 5 dan bisa Anda gunakan. Selanjutnya, jika Anda ingin menggunakan konsol tersebut sebagai kontrol nirkabel, pengguna dapat melakukan navigasi ke Pengaturan konsol.

Pilih Pengaturan Umum, kemudian pilih opsi Aksesori Bluetooth. Selanjutnya, aktifkan mode berpasangan di konsol PS4 yang Anda gunakan, kemudian tekan dan tahan tombol bagikan dan tombol PlayStation di konsol Anda hingga lampu di bagian atas berkedip dengan cepat.

Saat Anda melihat peringatan "DualShock 4" muncul di daftar perangkat Bluetooth, pengguna dapat menyorot bagian tersebut dan tekan X pada konsol Anda.

Dengan demikian, konsol PS4 yang Anda miliki bisa digunakan untuk memainkan game di PlayStation 5. Dengan catatan hanya game-game tertentu saja yang bisa Anda mainkan.

Demikian adalah penjelasan mengenai penggunaan konsol game PS4 untuk memainkan game PS5. Anda dapat memainkan game-game tertentu di PS5 menggunakan konsol PS4 dengan cara di atas.