Cara Merekam Video <i>Slow Motion</i> Menggunakan Ponsel Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Merekam Video Slow Motion Menggunakan Smartphone Tanpa Aplikasi Tambahan (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Video slow motion menjadi salah satu tren yang kerap digunakan untuk membuat konten. Banyak kreator YouTube, TikTok, maupun Instagram yang menampilkan konten-konten dengan format slow motion supaya lebih menarik.

Banyak orang pun mengira membuat konten video slow motion membutuhkan keahlian khusus, serta perangkat canggih yang mendukung supaya menghasilkan video yang bagus. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Saat ini, ada banyak perangkat smartphone yang memiliki kamera bagus, sehingga dapat digunakan untuk membuat video slow motion yang bagus, bahkan tidak kalah dengan kamera DSLR.

Jika Anda memiliki smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi, maka bisa menghasilkan video slow motion yang bagus pula. Ada banyak kamera smartphone yang saat ini memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengambil video dengan gerakan lambat.

Namun, gambar yang dihasilkan tergantung pada kualitas kamera yang ada di perangkat Anda. Saat ini, ada banyak smartphone yang memiliki mode slow motion hingga 960fps.

Oleh karena itu, pengguna bisa membuat video slow motion dengan kualitas yang bagus menggunakan ponsel. Caranya pun cukup mudah, dan Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Membuat Video Slow Motion di Ponsel

Untuk mulai membuat video slow motion, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi kamera yang ada di perangkat Anda, dan klik menu "Lainnya" atau "More" di halaman utama kamera.

Selanjutnya, akan muncul sejumlah pilihan menu yang dapat Anda pilih. Pengguna bisa memilikh opsi "Super Slow-Mo", dan "Slow Motion" untuk membuat video slow motion di kamera Anda.

Pada mode "Slow Motion", pengguna dapat membuat video lambat dengan kecepatan frame 240fps. Sementara untuk mode "Super Slow-Mo", pengguna bisa merekam dengan kecepatan hingga 960fps, atau sangat lambat.

Akan tetapi, tidak semua perangkat smartphone didukung untuk menggunakan mode "Super Slow-Mo". Hanya sejumlah perangkat dengan spesifikasi yang tinggi saja yang bisa menggunakan mode tersebut.

Setelah memilih mode slow motion yang Anda inginkan, pengguna dapat menekan tombol "Rekam" berupa ikon bulat berwarna merah, kemudian klik tombol yang sama ketika Anda ingin berhenti merekam.

Anda dapat memilih "Pratinjau" untuk melihat hasil video yang Anda rekam, kemudian klik ikon "Pensil" yang ada di bagian bawah, untuk mengedit video tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Pengguna dapat mengatur video sesuai dengan keinginan Anda. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan video tersebut dengan klik tombol simpan atau "Save". Dengan demikian, video slow motion yang Anda buat akan tersimpan di ruang penyimpanan.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat video slow motion menggunakan kamera smartphone. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk bisa menghasilkan konten yang bagus.