Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Android dan iOS
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran aplikasi edit video di smartphone, baik yang menggunakan sistem operasi Android atau iOS, mampu membantu pekerjaan penyunting video atau videographer.

Banyak aplikasi edit video yang tersedia di Play Store untuk Android atau App Store untuk pengguna iOS. Meski dari segi fitur tak sekaya pada versi PC, setidaknya penggunaan aplikasi edit video di smartphone ini bisa membantu untuk penyuntingan yang sederhana.

Tim VOI rangkum aplikasi edit video terbaik di perangkat Android dan iOS dikutip dari Digital Trends, Minggu, 9 Februari:

Adobe Premier Rush

Pengganti dari Adobe Premier Clip ini memiliki sejumlah fitur seperti merekam video, mengedit, dan berbagi video ke berbagai platform. Adapun fitur editing yang tersedia meliputi penambahan beberapa elemen seperti audio, grafis, foto, dan juga peningkatan saturasi warna.

Pengguna Adobe Premier Rush juga bisa menambahkan judul, memilih transisi video, voice over, dan lainnya. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi judul, awalan dengan animasi dan mengubah warna, ukuran font, dari Adobe Stock.

Adobe Premier Rush bisa digunakan secara gratis namun terbatas untuk 3 export file, kecuali melakukan pembayaran senilai 10 dolar AS per bulan agar mendapatkan unlimited export file dan 100 GB penyimpanan cloud.

Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector punya fitur multi-track timeline untuk mengedit video beresolusi HD dan 4K dengan efek khusus, slow-motion, voice-over, dan lainnya. Menariknya aplikasi edit video mobil ini juga memiliki kemampuan stabilizer untuk mengurangi efek shaking atau goyangan pada hasil video.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa mengatur audio, efek, dan background untuk mengubah suasana latar yang diinginkan. Cyberlink PowerDirector versi gratis hanya dapat mengekspor file beresolusi 720p. Sedangkan untuk mendapatkan resolusi yang lebih tinggi hingga 4K pengguna perlu meng-upgrade ke versi premium.

Adapun fitur yang didapat dari versi premiumnya antara lain resolusi full HD, penambahan watermark, tanpa iklan serta content packs yang tersedia selama 7 hari. Setelah itu penggunanya perlu akses berlangganan.

Quik

Meski aplikasi ini ditujukan untuk pengguna kamera aksi GoPro, namun bisa juga digunakan bagi pengguna perangkat lain. Fungsi dasar dari Quick yakni untuk mengumpulkan bagian dari klip, menambahkan transisi, dan menyinkronkan tayangan dengan musik.

Pengguna Quick dapat mengombinasikan 200 foto dan video klip dari galeri, DropBox, Google Photos, atau GoPro Plus. Pilih salah salah satu tema dari Action, Boxed, atau Flick, untuk menghasilkan variasi transisi video dan efek tertentu.

Quick juga bisa mendeteksi wajah dan senyuman dari file GoPro, menambahkan teks, memotong klip, GPS stiker, dan soundtrack.

Kinemaster

Untuk pengguna yang merupakan seorang blogger dan sering berbagi ke YouTube dan Instagram, Kinemaster menjadi salah satu aplikasi edit video yang bisa diandalkan. Fitur yang terkandung di dalamnya meliputi video layer, blending mode, voice-over, kontrol kecepatan, transisi, subtitle, stiker dan efek khusus.

Kinemaster juga menghadirkan efek dramatis berupa slow-motion dan timelapse. File yang diekspor mencapai resolusi 4K, 2160 piksel 30 fps. Sayangnya beberapa tools di dalamnya baru bisa digunakan jika berlanggan versi premium 5 dolar AS per bulan atau 40 dolar AS per tahun.

Horizon Camera

Keunikan dari aplikasi edit video satu ini adalah membuat setiap video yang dibuat secara portrait (vertikal) menjadikannya dapat dilihat secara landscape (horizontal). Bagaimana pun tayangan video dibuat, bahkan dibalik sekali pun, hasilnya akan tetap berorientasi horizontal. Ini karena memanfaatkan sensor gyroscope dari ponsel ketika melakukan perekaman.

Resolusi yang tersedia bagi pengguna Horizon Camera mencakup VGA, HD, Full HD, dan 4K di kecepatan 60 fps dan 120 fps (slow motion). Tersedia pula beragam aspek rasio video seperti square (1:1), wide (16:9), dan standard (4:3).

Adapun kemampuan editing yang dimiliki Horizon Camera meliputi filter, geotagging, level mode, dan foto HDR. Ada pula fitur lossless zoom untuk memberikan efek mirroring saat merekam video.