Bagikan:

JAKARTA – Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format gambar bitmap yang menampilkan animasi tanpa suara. Format media yang satu ini banyak digunakan, khususnya di aplikasi perpesanan.

GIF dapat membuat obrolan menjadi lebih menarik. Karena itu, GIF banyak digunakan untuk menunjukkan reaksi atau hiburan pribadi. Jika Anda tertarik untuk membuat GIF dari video, Anda bisa menggunakan alat berikut ini, seperti dikutip dari Makeuseof.

Adobe Express

Adobe menawarkan alat pembuatan konten hanya dengan membuka browser di ponsel Android atau iOS. Situs web Adobe Express bisa digunakan untuk membuat foto, video, atau meng-convert video ke GIF.

Alat ini bisa digunakan secara gratis dan mudah. Saat membuat GIF, Anda bisa menyesuaikan durasi, mengatur kualitas, dan memilih orientasi animasinya. Setelah itu, GIF bisa langsung diunduh.

Canva

Selain mengedit foto dan menyajikan berbagai template desain grafis, Canva juga bisa digunakan untuk membuat GIF. Bahkan, aplikasi edit ini bisa menggabungkan beberapa klip pendek untuk dijadikan GIF.

Menariknya lagi, Anda bisa menambahkan berbagai elemen menarik selama pengeditan, seperti teks atau efek. Alat convert dari video ke GIF di Canva bisa digunakan melalui aplikasi asli di Android atau iOS dan di situs web.

Giphy

Terakhir, ada aplikasi khusus yang dibuat untuk klip dan gambar hiburan, yaitu Giphy. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencari GIF, meme, stiker, atau klip video apa pun. Selain mencari, Anda juga bisa membuat GIF dan mengunggahnya di platform tersebut.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengunggah video yang ingin dijadikan GIF, lalu mengedit animasinya dengan menambahkan teks, efek, atau stiker. Aplikasi ini bisa diunduh melalui toko aplikasi resmi di Android dan iOS.