Membuat GIF dari Video TikTok, Biar Lebih Gampang Dikirimkan Lewat WA
Aplikasi TikTok (Photo by solenfeyissa on Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jika Anda mencari video kreatif, TikTok bisa dijadikan tempat rujukan. Sejak awal diluncurkan, aplikasi yang awalnya bernama Douyin ini senantiasa mendorong penggunanya untuk berkreasi sebebas mungkin. 

Agar setiap pengguna bisa lebih leluasa menuangkan kreativitasnya, pengembang pun terus meluncurkan fitur-fitur baru. Mulai dari fitur editing video, filter-filter video unik nan lucu, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya mengunggah video, pengguna juga bebas untuk mengunduh video yang tersedia pada aplikasi media sosial ini. Bahkan, tersedia pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan video TikTok sebagai status WA, IG, atau lewat Telegram. 

Untuk itu, sebelumnya, Anda perlu mengubah terlebih dulu format video menjadi gambar GIF. Ya, format file media yang belakang ini populer dan kerap dikirimkan lewat berbagai aplikasi chatting

Lantas, bagaimana cara membuat video GIF dari video TikTok? Beruntung, ada langkah yang cukup mudah dan bisa Anda tiru. Dan di bawah, tim VOI sudah rangkumkan dari berbagai sumber cara mengubah video TikTok jadi gambar GIF.

Cara Mengubah Video TikTok Jadi GIF

Tak perlu bantuan aplikasi tambahan. Atau mengakses situs alat tertentu. Soalnya, TikTok sudah menyediakan fitur yang memudahkan pengguna untuk mengubah video koleksinya jadi GIF. Lebih lengkap, ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Buka aplikasi TikTok, lalu cari video yang ingin Anda unduh dan ubah jadi GIF
  2. Ketuk menu ‘Bagikan’ berbentuk ikon panah yang terletak di bagian kanan dari layar
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat menu baru yang tampil di layar.
  4. Pada menu yang terletak di bagian paling bawah, usap layar ke kanan hingga Anda menemukan menu ‘Bagikan sebagai GIF’
  5. Jika sudah, maka video tersebut akan diunduh secara otomatis dan tersimpan dalam format gambar GIF
  6. Anda bisa menemukan video yang sudah diunduh  pada aplikasi Galeri yang terdapat pada ponsel

Begitu video TikTok sudah tersimpan dalam format gambar GIF, Anda bisa membagikannya lewat aplikasi lain lebih mudah. Baik lewat aplikasi pesan singkat, WhatsApp, atau aplikasi chat lainnya.