Deretan Fitur dan Alat Pengeditan Anyar TikTok, Hingga Bermitra dengan Meta!
Fitur baru TikTok telah diluncurkan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok baru saja mengumumkan deretan fitur dan pembaruan pada aplikasinya, yang meliputi feed For You, kamera, alat pengeditannya, fitur baru untuk efek Green Screen, dan lainnya.

Di antara pembaruan itu, efek Green Screen merupakan salah satu efek yang paling banyak digunakan pada platform sejak peluncurannya pada 2019. Alat tersebut memungkinkan konten kreator untuk mengunggah foto atau video dengan latar belakang berbeda, dan sekarang telah terintegrasi dengan GIF.

Untuk membuat fitur ini berfungsi, TikTok telah bermitra dengan GIPHY, perusahaan milik Meta. Dengan integrasi baru, konten kreator TikTok dapat memilih GIF dari perpustakaan platform untuk digunakan sebagai latar belakang mereka, memungkinkan untuk berbagai jenis video.

Selain itu, TikTok juga meluncurkan opsi untuk mengunggah video dalam bentuk 1080p HD. Fitur ini akan tersedia di negara tertentu. Konten kreator dapat berbagi video pada resolusi tersebut dengan mengaktifkan setelan Upload HD dari bagian More Option pada halaman penerbitan.

Melansir TechCrunch, Jumat, 17 Desember, ketika TikTok berkembang untuk menggaet lebih banyak konten kreator profesional, perusahaan juga sedang dalam pengujian terbaru pada fitur untuk melakukan live streaming dari desktop.

Fitur lainnya adalah tombol Visual Enhancement baru yang secara otomatis akan meningkatkan eksposur video dan kondisi cahaya rendah serta melakukan koreksi warna. Ini menawarkan kepada konten kreator yang belum ahli dalam pengeditan video, dan alat satu ketukan ini dapat membuat konten mereka terlihat lebih baik.

Untuk menggunakan alat ini, setelah konten kreator merekam atau mengunggah video, mereka harus mengetuk tombol Enhance baru yang muncul di panel sisi kanan. Jika tidak menyukai bagaimana penyesuaian membuat tampilan video, cukup ketuk tombol untuk kedua kalinya dan efeknya akan dihapus.

Terakhir, TikTok turut meluncurkan efek musik dan audio baru, termasuk fitur yang bisa membuat suara atau suara lain berubah menjadi suara binatang atau suara alat musik, termasuk seruling atau kucing. Sebagai informasi, fitur-fitur baru tersebut akan segera tersedia dalam waktu dekat di halaman Editing dengan mengetuk tombol Voice Effects di panel kanan.