Platform Video Pendek Mirip Tiktok, Dubsmash Gulung Tikar
Dubsmash berencana akan menutup operasinya, karena bangkrut. (foto: dubmash)

Bagikan:

JAKARTA - Platform video pendek yang cukup populer dam mirip TikTok, Dubsmash berencana akan menutup operasinya. Reddit sebagai induk perusahaannya akan menutup aplikasi tersebut pada 22 Februari 2022.

Perusahaan menyatakan setelah Februari tahun depan, Dubsmash tidak lagi tersedia untuk diunduh di Apple Store dan Google Play Store. Aplikasi yang sudah diinstal juga akan berhenti berfungsi pada tanggal yang sama.

Perusahaan tersebut mengakuisisi Dubsmash pada Desember 2020 dan mengatakan akan mengintegrasikan alat pembuatan videonya ke Reddit. Setelah akuisisi, tim kepemimpinan Dubsmash bergabung dengan Reddit.

“Sejak bergabung, tim Dubsmash telah bekerja untuk mengintegrasikan alat pembuatan video inovatif mereka ke dalam Reddit, dengan tujuan memberdayakan pembuat Reddit sendiri untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara orisinal yang otentik bagi komunitas kami,” ungkap Reddit.

Mengutip TechCrunch, Rabu, 24 November, sebagai bagian dari pengumuman penutupan, Reddit juga meluncurkan alat pembuatan video baru. Meliputi fitur kamera termasuk kemampuan untuk mengubah kecepatan rekaman video dan pilihan untuk mengatur timer.

Pengguna sekarang dapat mengunggah video dalam mode lanskap juga potret, serta menyesuaikan dan memangkas beberapa klip. Reddit menambahkan layar pengeditan baru yang mencakup stiker teks, alat menggambar, dan filter. Bahkan, pengguna memiliki opsi untuk menambahkan voice over atau menyesuaikan volume langsung di layar pengeditan.

Pada bulan Agustus, Reddit meluncurkan fitur umpan video untuk pengguna iOS, yang menunjukkan deretan video dalam konfigurasi seperti TikTok. Pengguna dapat berkomentar, memberikan penghargaan, atau membagikannya. Mirip dengan TikTok, pengguna juga dapat menggulir ke atas untuk melihat video lain.

Reddit mengungkapkan konten video telah melonjak di aplikasinya karena pertumbuhannya hampir 70 persen dalam keseluruhan jam menonton. Ini mencatat bahwa telah terjadi peningkatan 30 persen dalam pertumbuhan penonton video aktif harian.

Aplikasi ini juga mengalami peningkatan 50 persen dalam penayangan video pendek kuartal-ke-kuartal, yang digambarkan kurang dari 2 detik, di pemutar video barunya.

Sekarang Reddit telah menyelesaikan integrasi Dubsmash-nya, tidak mengherankan jika Reddit ingin mengumpulkan lebih banyak pengguna dengan meluncurkan alat pembuatan video barunya sendiri karena bertujuan untuk terus bersaing dengan TikTok.