Google Uji Coba Fitur Video di Mesin Pencarinya
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google dikabarkan sedang menguji fitur video baru di carousel (preview bergulir) mereka, yang dapat menampilkan hasil video singkat dari platform media sosial Instagram dan TikTok.

Diketahui, fitur beta atau uji coba ini bisa memungkinkan pengguna melihat konten dari kedua platform media sosial tersebut langsung di Google Search, tanpa harus membuka aplikasi Instagram maupun TikTok.

Fitur video baru itu akan menampilkan berupa "video pendek" yang disusun secara terpisah, tepat di bawah kolom penelusuran pengguna. Jadi, tata letak ini mirip seperti hasil berita atau hasil penelusuran teratas. 

Setelah pengguna membuka video Instagram atau TikTok dari bilah pencarian, maka mereka akan diarahkan ke tampilan web dari masing-masing platform di dalam laman Pencarian.

Fitur ini sejatinya mirip dengan fitur autoplay yang berada di YouTube. Jika pengguna membuka beranda YouTube dan melihat sebuah video, maka video tersebut akan terputar tanpa pengguna mengklik video-nya.

Menurut laporan GSM Arena, Sabtu 2 Januari, fitur beta ini telah tersedia untuk dijajal oleh sejumlah pengguna seluler dan baru hanya tersedia untuk beberapa item pencarian, termasuk beberapa tim NFL.

Namun, hingga saat ini belum diketahui kapan Google akan merilis fitur baru tersebut secara resmi ke banyak pengguna. Tetapi sebelum resmi diluncurkan, diharapkan Google akan menambahkan lebih banyak istilah pencarian dan lebih banyak format video pendek di fitur beta itu.

Kabarnya fitur beta ini akan berbeda dari fitur Google Discover feed dan Web Stories, yang terakhir diluncurkan pada bulan Oktober dan lebih berfokus pada konten yang dibuat oleh mitra penerbitan online Google.