Facebook dan Google Dianggap Bertanggung Jawab Atas Penyebaran Konten Palsu, Ini Langkah Pencegahanya!
Facebook dan Google, berusaha atasi konten bermasalah di platform-nya. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA -  Google dan Facebook telah membuat klaim yang berani akhir-akhir ini mengenai pertempuran mereka melawan informasi yang salah dan langkah-langkah yang telah mereka ambil untuk mengekang ancaman tersebut.

Akan tetapi penyelidikan baru menyoroti bagaimana kedua raksasa tersebut juga bertanggung jawab untuk mendanai kampanye informasi yang salah dan terkoordinasi di seluruh dunia. Facebook menerima beberapa kritik karena mengizinkan konten yang diduga mendorong penyerbuan US Capitol pada awal tahun ini.

Setelah insiden mengerikan itu, Facebook dengan cepat melakukan beberapa pemeriksaan dan tindakan untuk menahan penyebaran berita palsu dan konten pedas.

Dimulai dengan Grup, Facebook memperkenalkan kemampuan untuk menunjuk peserta tertentu sebagai 'Pakar' untuk memverifikasi dan menghentikan penyebaran konten bermasalah. Mirip dengan platform media sosial saingan, Facebook juga bergandengan tangan dengan lembaga kesehatan dan kelompok literasi digital untuk mengatasi konspirasi dan hoaks COVID-19.

Google tidak terlalu jauh di belakang. Lebih dari setahun yang lalu, Google memperpanjang larangan iklan politik dan juga memberlakukan larangan yang lebih ketat pada video terkait COVID yang mungkin menyebarkan informasi berbahaya. Namun, tampaknya kedua perusahaan juga memainkan peran mendasar dalam menciptakan masalah.

Menurut penyelidikan mendalam oleh MIT Technology Review, perusahaan sebenarnya telah membayar jutaan sebagai bagian dari inisiatif konten masing-masing yang telah memperburuk pandemi informasi yang salah global.

Dimulai dengan inisiatif Artikel Instan Facebook, semua keterlibatan dimonopoli oleh situs web clickbait dan sumber berita palsu yang awalnya berbagi konten plagiat, dan kemudian mulai berbagi konten politik sensasional yang menyebabkan bencana hak asasi manusia yang tragis bagi sebuah sekte minoritas di Myanmar.

Salah satu dokumen penelitian internal Facebook yang bocor juga mengungkapkan bahwa perusahaan tahu tentang plagiarisme yang merajalela di platformnya, tetapi itu tidak memperbaiki masalah karena takut pergumulan hukum dan penurunan keterlibatan.

Tutorial yang ada secara online memungkinkan pertumbuhan ladang konten, dan pemeriksaan keamanan gim Facebook menjadi sangat mudah sehingga satu orang dikatakan hanya mengelola 11.000 akun Facebook. Peternakan konten clickbait di Kosovo dan Makedonia juga mencapai setengah juta orang Amerika menjelang pemilihan 2020, menurut laporan itu.

Pertarungan Melawan Diri Sendiri

Perusahaan, yang sekarang bernama Meta ini, dilaporkan membayar jutaan dolar kepada aktor jahat ini. Begitulah keadaan yang buruk, MIT Technology Review menjelaskan bahwa, pada satu titik, 60 persen dari semua domain yang terdaftar dengan program Artikel Instan Facebook terlibat dalam aktivitas spam.

Alat otomatisasi murah memungkinkan pihak jahat untuk mendistribusikan artikel bermasalah, dan bahkan mendorong video langsung serta mengelola Instagram untuk melipatgandakan jangkauan mereka. Semuanya dilakukan sambil mengekstraksi pendapatan yang stabil dari Facebook.

Para peneliti juga menemukan lebih dari 2.000 halaman yang berasal dari “peternakan akun“ di Vietnam dan Kamboja, banyak di antaranya memiliki lebih dari satu juta pengikut. Tokoh politik juga dilaporkan membayar para penipu ini untuk mengeluarkan konten yang memengaruhi percakapan pemilu dan memberi pertimbangan yang menguntungkan satu pihak.

Masalah besar lainnya adalah penyebaran video dengan konten sensitif yang salah yang didorong oleh scammers sebagai video langsung untuk menambah bobot nilai sensasional mereka.

Facebook bukan satu-satunya enabler. Laporan tersebut menjelaskan bagaimana clickbait farm dan aktor jahat juga mengeksploitasi sistem AdSense Google untuk menghasilkan uang sambil menghilangkan informasi yang salah.

Peternakan clickbait luar negeri yang menjangkau audiens Amerika menjelang pemilihan 2016 dipilarkan oleh dolar AdSense. Mendaur ulang konten secara terus-menerus adalah hal biasa, dan karena algoritme seperti yang ada di belakang YouTube mendorong konten yang berpotensi viral, para spammer ini telah menghindari tindakan hukuman.

Folder Google Drive yang dibagikan dalam komunitas clickbait juga memberikan detail target seperti grup paling populer di lebih dari 20 negara untuk memperluas jangkauan mereka.