Cara dan Syarat Monetisasi Akun Instagram untuk Menghasilkan Uang dari Live IG
Cara dan Syarat Monetisasi Akun Instagram untuk Menghasilkan Uang dari Live IG (La Razon)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform media sosial Instagram mulai meluncurkan fitur monetisasi yang dapat digunakan oleh konten kreator, supaya dapat menghasilkan uang dari konten live streaming yang dibuat.

Namun, untuk memonitasi akun Instagram, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, tidak semua konten kreator Instagram dapat melakukan monetisasi akun mereka dan menghasilkan uang.

Adapun fitur yang dapat digunakan untuk melakukan monetisasi akun Instagram Anda adalah "Badges". Dengan fitur tersebut pengguna dapat memonetisasi konten live streaming yang Anda buat di platform Instagram Anda.

Untuk saat ini, fitur tersebut baru bisa diaktifkan bagi pengguna yang berbasis di wilayah Amerika Serikat. Sementara itu, belum ada keterangan mengenai peluncuran fitur Badges di negara lain seperti Indonesia.

Peluncuran fitur Badges dibuat oleh Instagram supaya pengguna platform tersebut dapat memberi dukungan kepada konten kreator untuk menghasilkan uang dari setiap konten yang mereka buat.

Cara kerjanya adalah konten kreator membuat konten di Instagram melalui live streaming kemudian follower mereka memberikan ikon hati yang memiliki nilai USD0,99 dollar, hingga USD4,99.

Setelah itu, setiap hati yang diberikan oleh penonton akan dikumpulkan dan diberikan kepada konten kreator di setiap bulan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur Badges di Instagram, tim VOI telah merangkum sejumlah langkah-langkah yang harus Anda lakukan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Badges di Instagram

Untuk mengaktifkan fitur Badges yang dapat digunakan untuk memonetisasi akun Instagram Anda, pengguna harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Instagram, seperti berusia di atas 18 tahun, memiliki lebih dari 10.000 follower, dan berdomisili di Amerika Serikat.

Seperti dijelaskan sebelumnya, fitur Badges baru bisa digunakan di Amerika Serikat, sementara untuk negara lain masih belum bisa menggunakan fitur tersebut.

Setelah memenuhi syarat di atas, pengguna dapat mengaktifkan fitur Badges dengan cara buka Profil di akun Instagram Anda, kemudian pilih menu titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik "Profesional Dasboard".

Setelah itu, klik "Apply for Monetization", kemudian klik "Setup Badges" pada kolom yang tersedia. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan uang dari follower yang telah membeli badges di aplikasi Instagram.

Bagi pengguna atau follower yang memberikan Badges kepada konten koreator Instagram, akan mendapat sejumlah keuntungan antara di antaranya Badges akan muncul disebelah username Instagram pengguna selama IG Live berlangsung.

Kemudian Username Instagram pengguna muncul di daftar yang dapat dilihat oleh kreator hingga 90 hari. Jika pengguna mengajukan pertanyaan selama Instagram Live, pertanyaan pengguna akan di-highlight ke content creator.

Jika pengguna berkomentar selama live Instagram berlangsung, komentar tersebut akan disematkan (pin) oleh kreator. Saat memberikan hati selama siaran berlangsung, hati tersebut akan di-highlight (menjadi warna ungu).

Demikianlah syarat yang harus dipenuhi dan cara mengaktifkan fitur Badges di Instagram, supaya konten kreator dapat menghasilkan uang dari setiap konten yang mereka buat.