Cara Aktifkan Iklan di YouTube untuk Monetisasi, Lengkap dengan Syaratnya
Ilustrasi YouTube Studio (dok. Youtube)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum memutuskan untuk menjadi YouTuber, disarankan untuk tahu cara aktifkan iklan di YouTube untuk monetisasi. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar pemilik akun mendapatkan berupa uang hasil dari iklan yang tayang di konten.

Monetisasi YouTube secara sederhana adalah cara mendapat keuntungan uang dengan cara membuat konten di YouTube. Agar monetisasi bisa dilakukan, pemilik YouTube harus memenuhi syarat dan mengikuti panduan yang sudah ditetapkan.

Cara Aktifkan Iklan di YouTube untuk Monetisasi

  1. Memenuhi Syarat Monetisasi

Akun YouTube harus memenuhi syarat monetisasi. Syarat ini berasal dari kebijakan YouTube yang berlaku untuk seluruh akun. Disarankan untuk mengetahui ketentuan baru YouTube untuk menghindari kegagalan monetisasi.

  1. Masuk ke YouTube Studio

YouTube Studio adalah platform yang disediakan untuk mengelola akun YouTube. Untuk mengaktifkan monetisasi, pengguna harus masuk ke YouTube Studio. Caranya adalah dengan masuk ke akun YouTube lalu buka YouTube Studio.

  1. Pilih Menu Konten

Setelah masuk ke YouTube Studio, klik menu dengan ikon ikon garis tiga yang ada di sebelah kiri atas. Pilih menu “Konten”.

  1. Klik Menu Video

Klik menu yang terbuka di sebelah kiri, lalu pilih menu “Video” agar muncul pengaturan video.

  1. Pilih Konten yang Akan Dimonetisasi

Setelah masuk ke menu “Video”, Anda akan disuguhi list video yang berhasil terunggah di akun YouTube Anda. Tentukan lebih konten mana yang sudah terunggah dan akan dimonetisasi, jika kesulitan coba cari dengan klik logo “search” untuk memasukkan judul video. Setelah berhasil menemukannya, klik video tersebut.

  1. Aktifkan Monetisasi

Pilih menu “Monetisasi” yang letaknya berada di sebelah kiri agar monetisasi video aktif.

  1. Pilih Jenis Iklan

Pemilik akun bisa memilih jenis iklan apa yang bisa ditayangkan di konten mereka saat video diputar. Setelah itu jangan lupa menyimpan pengaturan.

  1. Atur Pembayaran

Anda juga harus melakukan pengaturan pembayaran lewat Google AdSense. Lewat akun tersebut uang akan diberikan kepada Anda.

  1. Pantau Konten dan Monetisasi

Setelah monetisasi aktif, Anda tinggal menunggu. Disarankan untuk melakukan pemantauan konten dan monetisasi lewat YouTube Studio untuk mengetahui pendapatan, performa iklan, serta mengatur iklan.

Syarat Monetisasi YouTube

Monetisasi video YouTube bisa dilakukan jika memenuhi syarat. Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  1. Punya 1.000 Subscriber Aktif

Pemilik akun belum bisa mengaktifkan monetisasi sebelum memiliki 1.000 subscriber aktif. Untuk mendapatkannya buat konten video semenarik mungkin untuk mengundang viewer dan subscriber.

  1. Mencapai Jumlah Tayang Setidaknya 4.000 Jam dalam 12 Bulan Terakhir

Tidak hanya memiliki subscriber aktif, jumlah tayang akun YouTube setidaknya harus 4.000 jam dalam 1 tahun.

  1. Tidak Melanggar Aturan dan Kebijakan YouTube

Pemilik akun juga harus mengukuti aturan dan kebijakan monetisasi yang ditentukan oleh pihak YouTube misalnya konten tidak boleh menayangkan kekerasan, pornografi, hinga tidak melanggar hak cipta. Aturan dan kebijakan ini berlaku dari awal hingga akhir.

Terbaru, saat ini video menyusui dan tarian sensual kini bisa dimonetisasi di YouTube sehingga pengguna bisa berkreasi sedikit leluasa.

  1. Terhubung ke Google AdSense

Google AdSense berguna untuk menerima pembayaran hasil iklan atau monetisasi. Pemilik akun YouTube harus mendaftarkan akun AdSense lalu hubungkan ke akun YouTube.