Cara Mudah Mendaftar AdSense Agar Bisa Menghasilkan Uang dari YouTube
Cara Mudah Mendaftar AdSense Agar Bisa Menghasilkan Uang dari YouTube (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi konten kreator YouTube, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang adalah menggunakan AdSense. Nantinya, setiap video yang Anda unggah akan menampilkan iklan tertentu yang memiliki nilai sesuai dengan kebijakan YouTube.

Namun, untuk menghasilkan uang melalui AdSense, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah, dengan catatan Anda merupakan konten kreator YouTube yang membuat konten original.

Selain itu, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh konten kreator untuk bisa mendaftar AdSense dan memonetisasi kanal YouTube miliknya, supaya dapat menghasilkan uang.

Adapun syarat-syarat tersebut antara lain memiliki subscriber minimal 1000, memperoleh 4000 jam tayang,dan mengikuti kebijakan dan ketentuan monetisasi yang tellah ditetapkan oleh YouTube.

Kebijakan dan ketentuan YouTube salah satunya adalah video yang diunggah merupakan konten original dan tidak mengandung SARA, serta video ketelanjangan dan sebagainya.

Jika Anda sudah memenuhi syarat yang telah ditetapkan, konten kreator YouTube dalam mendaftar AdSense dengan melakukan langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Daftar AdSense untuk Monetisasi YouTube

Untuk mendaftar AdSense, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah login ke akun YouTube Anda yang sudah memenuhi syarat monetisasi. Setelah itu, klik ikon profile yang berada di pojok kanan atas halaman YouTube Anda.

Setelah itu, klik menu YouTube Studio. Anda akan masuk ke dalam jendela baru halaman YouTube Studio kanal Anda. Anda dapat mencari menu bar sebelah kiri dan klik opsi "Monetisasi".

Pada bagian tersebut, bagi konten kreator yang memiliki subscriber lebih dari 1000 di kanal YouTube mereka, maka akan muncul menu Daftar Sekarang. Namun, jika jumlah subscriber Anda belum mencapai 1000, maka menu tersebut tidak akan muncul.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyetujui program partner yang ditetapkan oleh YouTube. Pengguna dapat memberi ikon centang pada kolom yang tersedia setelah membaca persyaratan yang dibuat oleh YouTube, kemudian klik Setuju pada kolom di bagian bawah sebelah kanan.

Setelah menyetujui syarat yang diberikan, pengguna akan masuk ke jendela baru yang membawa Anda ke halaman monetisasi. Untuk mulai mendaftar pengguna dapat pilih Daftar ke Google Adsense.

Jika Anda sudah memiliki akun Google AdSense, pengguna dapat menghubungkan akun tersebut. Namun, jika belum memilikinya Anda dapat membuat akun Google AdSense terlebih dahulu.

Caranya, pilih opsi Tidak memiliki akun AdSense, kemudian klik Lanjutkan.
Selanjutnya, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google.

Setujui persyaratan dan ketentuan untuk membuat akun, kemudian klik menu ‘Buat Akun’. Setelah itu lengkapi identitas diri seperti, nama, alamat lengkap, kode pos, nomor telepon, kemdudian klik ikon Kirim, kemudian Alihkan.

Dengan demikian, Anda sudah berhasil mendaftar akun AdSense dan bisa digunakan untuk melakukan monetisasi kanal YouTube Anda.