Bagikan:

JAKARTA - Dalam acara Made on YouTube di Los Angeles, California, AS, YouTube memperkenalkan beberapa cara baru untuk mengapresiasi kreativitas di platformnya, salah satu caranya adalah meluncurkan Kreator Musik.

Kreator Musik merupakan sebuah etalase digital baru yang memberikan akses konten kreator melisensikan musik populer untuk digunakan dalam video mereka, dan menghasilkan juga pendapatan bagi mereka serta pemegang hak musik.

Ternyata tidak hanya Kreator Musik saja, YouTube juga akan memperluas akses, Program Partner YouTube (YPP) mulai tahun 2023. Jadi, nantinya kreator yang berfokus pada Shorts dapat mendaftar YPP setelah memenuhi syarat minimal, yaitu 1.000 subscriber dan 10 juta tayangan Shorts dalam 90 hari.

Semua yang mendaftar nantinya akan mendapatkan semua manfaat YPP, termasuk monetisasi iklan di video Shorts maupun video format panjang YouTube. 

“Sebagai terobosan baru dan yang terdepan di industri, Program Partner YouTube sungguh mengubah sistem monetisasi video panjang. Sekarang kami akan melakukan transformasi lagi, kali ini dengan membuka peluang bagi kreator video singkat dan memperkenalkan pembagian keuntungan di Shorts," kata Neal Mohan, Chief Product Officer YouTube menurut keterangan yang diterima Rabu, 21 September.

Program Partner YouTube adalah sesuatu yang revolusioner saat diluncurkan pertama kali pada tahun 2007 lalu, dan itu masih revolusioner hingga saat ini. 

“Dalam tiga tahun terakhir, YouTube telah memberikan lebih dari 50 miliar dolar AS (Rp750 triliun) penghasilan kepada kreator, artis, dan perusahaan media,” jelas Susan Wojcicki, CEO YouTube.

Wojcicki mengungkapkan bahwa uang tersebut telah mengubah hidup para kreator di seluruh dunia dan menunjang kemunculan cerita dan bentuk ekspresi diri yang baru. 

Lebih lanjut, YouTube juga akan memperkenalkan model pembagian keuntungan baru untuk Shorts. Jadi, mulai 2023, YouTube akan beralih ke sistem pendanaan tetap dan lebih mengandalkan model pembagian keuntungan yang unik di Shorts, baik untuk kreator yang sudah maupun yang baru mau mendaftar menjadi anggota YPP.

Pendapatan dari iklan yang ditayangkan di Feed Shorts nantinya akan ditotal setiap bulan dan digunakan untuk  mengapresiasi kreator Shorts dan membantu menutup biaya lisensi musik. 

Kreator akan menerima 45% dari keseluruhan uang yang dialokasikan untuk mereka, yang kemudian dibagi berdasarkan kontribusi masing-masing dalam jumlah total penayangan Shorts. Angka pembagian keuntungan ini akan sama, apakah mereka menggunakan musik atau tidak.

“Namun, perjalanan kami belum selesai. Saat memperkenalkan Program Partner YouTube, kami membuat pertaruhan besar: kami akan sukses hanya jika kreator-kreator kami sukses. Dan sekarang, kami akan meningkatkan upaya itu. Kami memperkenalkan cara anyar untuk mengapresiasi kreativitas di platform kami dengan memperluas akses Program Partner YouTube,” tandasnya.