YouTuber! Mulai 1 November Wajib Menggandakan Keamanan Akun dengan Fitur 2FA
Para konten kreator YouTube dalam waktu dekat diwajibkan untuk segera menggandakan keamanan akun mereka. (foto: Azamat E / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Para konten kreator YouTube dalam waktu dekat diwajibkan untuk segera menggandakan keamanan akun mereka, dengan mengkatifkan two-factor authentication (2FA).

Langkah ini bertujuan agar semua orang yang login dalam platform tersebut menjadi lebih aman. Situs web berbagi video populer milik Google itu diketahui adalah rumah bagi ratusan ribu konten kreator profesional, serta sejumlah besar pengguna biasa yang mengunggah konten secara berkala.

Dilansir dari Screenrant, Jumat, 26 Agustus, melalui akun Twitter resminya, YouTube mengumumkan bahwa verifikasi dua langkah, akan diwajibkan pada 1 November 2021, bagi mereka yang menggunakan YouTube Studio dan masuk ke dalam YouTube Partner Program (YPP).

YouTube Studio adalah backend YouTube tempat konten kreator dapat mengelola videonya, melihat data pendapatan, dan menjelajahi analisis lainnya. Google sangat menyarankan keamanan akun yang ditingkatkan ini untuk semua orang, baik yang menggunakan YouTube Studio atau tidak.

Nantinya, Google akan mengirimkan pemberitahuan ke perangkat Android dan iPhone yang memiliki akses Gmail atau aplikasi Google. Setelah mengatur ini, kapan pun dan di mana pun verifikasi login akan diperlukan, pengguna cukup memeriksa ponsel dan mengetuk peringatan untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah identitas mereka.

Jadi, apabila konten kreator tidak mengaktifkan 2FA, YouTuber akan terancam tidak bisa mengakses YouTube Studio. Cara mengaktifkan 2FA cukup mudah. Ini bisa diaktifkan melalui pengaturan akun Google kreator atau dengan mengunjungi link myaccount.google.com lalu klik tab keamanan pilih verifikasi dua langkah.

Kemudian, para konten kreator akan diminta untuk memilih opsi verifikasi, yakni notifikasi login melalui ponsel atau tablet, menggunakan kunci keamanan, atau menggunakan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS atau panggilan telepon.

Meski demikian, kewajiban mengaktifkan 2FA masih terbatas pada kreator yang tergabung dalam YouTube Partner Program. Namun, pengguna YouTube lainnya yang sudah mendapatkan akses 2FA diwajibkan disarankan untuk mengaktifkan fitur tersebut agar mendapatkan perlindungan ekstra pada akun mereka.