Jeff Bezos kembali Uji Roket New Sheppard dalam Penerbangan Tanpa Awak, Persiapan ke Bulan?
Roket New Sheppard kembali melakukan uji terbang ke luar angkasa. (foto: Blue Origin)

Bagikan:

Jakarta - Roket yang menerbangkan Jeff Bezos ke luar angkasa bulan lalu baru saja melakukan perjalanan singkat suborbital ke hulu atmosfer. Kali ini tanpa orang di dalamnya, karena perusahaan terus menguji kendaraan tersebut dan bersiap untuk menawarkan tumpangan ke calon astronot ultra-kaya lainnya dan pencari sensasi.

Ini menandai uji terbang ke-17 untuk New Shepard, roket suborbital yang dikembangkan oleh Blue Origin milik Bezos. Kendaraan setinggi 60 kaki lepas landas dari landasan peluncuran kecil di fasilitas milik Blue Origin di Texas Barat Kamis pagi.

New Sheppard, hanya membawa beberapa eksperimen sains dan karya seni daripada penumpang, dan melayang lebih dari 60 mil di atas lanskap sebelumnya. datang ke titik, pendaratan tegak di pad beton di dekatnya.

Peluncuran awal telah ditunda satu jam karena apa yang dikatakan Blue Origin sebagai "masalah kesiapan muatan". Namun sisa penerbangan awalnya tampaknya tidak terpengaruh secara signifikan oleh penantian tersebut.

Misi uji suborbital New Shepard yang tidak berawak juga sering menyertakan eksperimen, dan pada penerbangan Kamis ia menerbangkan "demonstrasi teknologi pendaratan bulan" atas nama NASA. Pada dasarnya, Blue Origin menempatkan satu set sensor dan algoritma komputer pada roket New Shepard, teknologi pengujian suatu hari nanti dapat digunakan untuk menavigasi pendarat bulan.

New Shepard menarik perhatian global bulan lalu ketika Bezos,  bersama dengan tiga penumpang lainnya, menjadi manusia pertama yang naik roket. Padahal mereka sampai saat itu hanya melakukan penerbangan uji tanpa awak.

Bezos menceritakan pengalamannya setelah penerbangan, dengan mengatakan, "Ya Tuhan! Harapannya tinggi, dan secara dramatis terlampaui." Tapi Wally Funk - salah satu wanita "Mercury 13" yang sebelumnya ditolak kesempatan untuk pergi ke luar angkasa tetapi terbang bersama Bezos sebagai "tamu terhormat" bulan lalu, memuji pengalaman itu juga. Dia menambahkan: "Saya melihat kegelapan. Saya pikir saya akan melihat dunia tetapi kami tidak cukup tinggi," tambah Funk dalam konferensi pers pasca-penerbangan.

Penerbangan pariwisata suborbital Blue Origin menempuh ketinggian lebih dari 60 mil, yang secara luas dianggap sebagai titik di mana luar angkasa dimulai. Akan tetapi bahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang mengorbit lebih dari 200 mil di atas tanah, tidak cukup jauh untuk menawarkan pemandangan holistik Bumi.

Meskipun penerbangan Kamis tidak berawak, Blue Origin mengatakan masih merencanakan hingga dua penerbangan berawak lagi tahun ini.

Bezos berencana menggunakan roket New Shepard untuk bisnis pariwisata ruang angkasa suborbital, bersaing langsung dengan Virgin Galactic milik Richard Branson, yang mengembangkan pesawat luar angkasa bertenaga roket yang diluncurkan dari udara. Branson sudah melakukan penerbangannya sendiri ke tepi luar angkasa hanya beberapa hari sebelum penerbangan Bezos bulan lalu.

Kedua perusahaan berencana untuk membuka bisnis dalam beberapa bulan mendatang, yang memungkinkan siapa saja yang mampu untuk memesan tempat duduk di pesawat ruang angkasa masing-masing perusahaan dan menikmati penerbangan cepat naik-turun yang menawarkan pemandangan bumi yang indah dan beberapa menit tanpa bobot.

Virgin Galactic telah menjual sekitar 600 tiket dengan harga sekitar 200.000 dolar AS sebelum menutup penjualan tiket pada tahun 2014. Perusahaan baru-baru ini membuka kembali penjualan tiket seharga 450.000 dolar AS per buah.

Blue Origin belum menyebutkan harga tiketnya, meskipun setidaknya satu tiket terjual di lelang seharga 28 juta dolar AS. Perusahaan telah mengarahkan calon pelanggan lain hanya untuk mengisi formulir online.

Wisata luar angkasa adalah sub-sektor kecil namun berpotensi menguntungkan dari industri luar angkasa, dan UBS memperkirakan itu bisa menjadi bisnis senilai 4 miliar dolar AS per tahun pada tahun 2030.

Blue Origin juga berharap untuk menggabungkan teknologi yang dikembangkannya untuk New Shepard menjadi pesawat ruang angkasa yang mampu mendarat di bulan. Bezos mengatakan mesin roket, yang mampu membuat penyesuaian yang tepat dengan jumlah kekuatan yang mereka keluarkan, telah membantu menginformasikan bagaimana perusahaan dapat menggunakan pendorong atau mesin kecil, untuk membuat pendaratan lembut di permukaan bulan.

Akan tetapi impian Blue Origin untuk mendaratkan manusia di bulan telah mengalami hambatan yang signifikan. Awal tahun ini, NASA mengumumkan bahwa mereka memberikan kontrak bernilai miliaran dolar kepada SpaceX untuk membangun pendarat bulan, mengesampingkan Blue Origin dari kontrak yang sangat diharapkan untuk mendarat.

Blue Origin telah melawan. Setelah kehilangan upaya pertamanya untuk membatalkan keputusan tersebut, perusahaan tersebut menggugat pemerintah federal, mengklaim bahwa pengambilan keputusan NASA "cacat." Keputusan dalam kasus itu akan jatuh tempo pada bulan November.