Microsoft Sebentar Lagi Bakal Hadirkan  <i>Cloud Gaming</i> ke Xbox
Xbox Cloud Gaming sudah tersedia di ponsel, tablet, dan PC. (foto: Kamil S / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Rencana Microsoft untuk menghadirkan Xbox Cloud Gaming ke banyak perangkat atau multi-device sepertinya menunjukkan lampu hijau. Mulai musim liburan 2021, pelanggan Xbox Game Pass Ultimate akan memiliki akses ke cloud gaming di konsol Xbox Series X/S dan Xbox One.

Pengumuman itu disampaikan selama showcase Gamescom, seperti dikutip dari Engadget via Yahoo, Rabu, 26 Agustus. Perusahaan mengatakan pengguna segera dapat menjalankan lebih dari 100 gim tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu. Di masa depan, pemilik Xbox One bisa memainkan beberapa gim seri X/S melalui cloud seperti Microsoft Flight Simulator.

Di samping itu, pengguna juga akan mengetahui judul yang kompatibel dengan cloud gaming jika melihat ikon awan di sebelahnya pada Game Pass library. Raksasa software ini menargetkan gameplay bisa berjalan di 1080p pada 60 fps.

Xbox Cloud Gaming sudah tersedia di ponsel, tablet, dan PC. Microsoft sedang mengerjakan Xbox gim streaming stick dan aplikasi gim cloud smart TV. Di PC, layanan itu diakses lewat Edge dan Chrome. Untuk iOS dapat diakses melalui Safari. Pengguna juga dapat menggunakan pengontrol melalui Bluetooth atau USB untuk memainkan gim yang disertakan.

Pada musim panas ini, perusahaan mulai mentransisikan gim cloud ke hardware Xbox Series X yang lebih besar usai meluncurkan layanan di server blade berbasis Xbox One S.