Salju di Planet Mars Berdebu dan Lebih Hangat dari Bumi, Ini Penyebabnya
Salju di Planet Mars, lebih cepat mencair dibandingkan di Bumi. (foto: Nasa)

Bagikan:

JAKARTA – Sama seperti di Bumi, salju juga turun di Mars. Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa salju Mars 'lebih berdebu' daripada di Bumi. Ini  bisa berarti lebih hangat dan lebih mungkin untuk meleleh menjadi air.

Menggunakan data dari NASA Phoenix Mars Lander, Pengorbit Pengintaian, bersama dengan simulasi komputer, para peneliti dapat mengetahui bahwa salju Mars lebih gelap daripada di Bumi karena tingginya tingkat debu di planet ini.

Dengan demikian, itu juga lebih mungkin untuk meleleh dan berubah menjadi air, dengan kondisi yang tepat.

"Ada kemungkinan es yang berdebu dan gelap ini mencair beberapa sentimeter ke bawah," kata penulis utama studi tersebut, Aditya Khuller, dalam sebuah pernyataan.

“setiap air cair di bawah permukaan yang dihasilkan dari pencairan akan dilindungi dari penguapan di atmosfer tipis Mars oleh lapisan es di atasnya,” tambahnya.

Mengingat bahwa lautan Bumi 'penuh dengan kehidupan', menurut NASA, keberadaan air cair di setiap benda di tata surya menunjukkan bahwa itu mungkin pernah menjadi rumah bagi kehidupan atau mungkin masih ada.

Pada bulan Juni, sebuah studi terpisah menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak air di Planet Merah daripada yang diperkirakan sebelumnya. Termasuk 'puluhan' danau kurang dari satu mil di bawah permukaan Planet Merah.

Para ilmuwan percaya bahwa es yang digali oleh pendarat Phoenix pada tahun 2008, dan salju yang turun selanjutnya,  terjadi dari hujan salju selama satu juta tahun terakhir.

"Dipercaya secara luas bahwa Mars telah mengalami beberapa zaman es sepanjang sejarahnya, dan sepertinya es yang tersingkap di sepanjang garis lintang Mars adalah sisa dari hujan salju berdebu kuno ini," tambah Khuller.

Jika para peneliti dapat mempelajari dengan lebih baik tentang prospek air di Mars, maka mereka mungkin dapat mempelajari dengan lebih baik tentang prospeknya untuk sekali menampung kehidupan.

“Mengkarakterisasi sifat-sifat ini dapat secara signifikan meningkatkan model stabilitas es di Mars dan memberi tahu kami tentang usia dan asalnya,” tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Bulan lalu, penjelajah Perseverance NASA memulai misi sainsnya, mencari tanda-tanda kehidupan kuno yang membatu.

Para peneliti mengatakan bahwa lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk menentukan apakah es benar-benar meleleh menjadi air.

"Kami sedang mengembangkan simulasi komputer yang lebih baik dari es Mars untuk mempelajari bagaimana ia berkembang dari waktu ke waktu, dan apakah mungkin meleleh untuk membentuk air cair," tambah Khuller.

“Hasil dari penelitian ini akan menjadi bagian integral dari pekerjaan kami karena mengetahui seberapa gelap es secara langsung mempengaruhi seberapa hangatnya,” ungkapnya.