Twitter Rilis Tagar yang Jadi Perbincangan Populer di Indonesia
23 Agustus 2007 lalu, diperingati sebagai #HariTagar yang ke-14.

Bagikan:

JAKARTA - Orang-orang di seluruh dunia terus menjadikan Twitter sebagai tempat untuk menyuarakan pendapat dan topik populer yang sering terjadi di seluruh dunia termasuk Asia.

Pada 23 Agustus 2007 lalu, diperingati sebagai #HariTagar yang ke-14. Sedikit kilas balik, tagar pertama yang digunakan di Twitter pada hari itu datang dari @chrismessina dengan menge-Tweet #barcamp.

Semenjak itu, tagar telah berkembang menjadi cara berkomunikasi global untuk mengelompokkan Tweet, yang memudahkan orang mencari topik dan menjadi bagian dari percakapan. Hal ini mengubah cara orang-orang berkomunikasi dan menjadi salah satu simbol berpengaruh di era digital.

Tagar memungkinkan orang-orang untuk bergabung dalam percakapan dan berdiskusi dengan komunitas yang mereka anggap penting di Twitter. Pembahasan tentang tren investasi bitcoin hingga topik hiburan terkini adalah beberapa tagar populer yang turut meramaikan linimasa di Indonesia.

Untuk merayakan besarnya peran tagar dalam membentuk percakapan serta menciptakan komunitas yang menyatukan jutaan orang di seluruh dunia, Twitter meluncurkan emoji #HariTagar yang akan aktif di tanggal 23 Agustus. Emoji ini tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu, Twitter juga merilis laporan beberapa tagar yang mendominasi percakapan di platform burung biru itu, yang mencakup kawasan Asia pada paruh tahun pertama 2021 adalah K-Pop dan gaming.

Mayoritas negara di Asia Pasifik setidaknya memiliki satu tagar terkait K-Pop dalam daftar 10 tagar populer di negara mereka pada paruh pertama 2021, dari #BTS di Australia dan Indonesia, hingga #bambam di Thailand. Topik populer lainnya adalah gaming dengan #GenshinImpact dan #NintendoSwitch sebagai tagar populer di kalangan para gamers.

Berikut ini adalah empat topik tagar yang populer di Indonesia di paruh waktu pertama 2021 dari laporan yang dirilis Twitter, Selasa, 24 Agustus.

  1. Ucapan Doa dan Harapan untuk Indonesia

Apa yang sedang terjadi di dunia, akan ramai dibicarakan di Twitter. Orang-orang datang ke Twitter untuk menyampaikan doa dan dukungan kepada korban bencana alam dan tragedi kemanusiaan melalui #PrayForIndonesia.

Pada periode enam bulan pertama tahun ini, Indonesia juga mengalami beberapa musibah lainnya dan banyak orang pergi ke Twitter untuk berbagi kekuatan, harapan, dan informasi terkini terkait bencana yang sedang terjadi.

Beberapa tagar yang sempat ramai digunakan di linimasa, seperti, #PrayForKalsel terkait bencana banjir di Kalimantan Selatan, #PrayForSriwijayaAir terkait hilangnya pesawat Sriwijaya Air, hingga #PrayForKRINanggala402 terkait dengan tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402.

  1. Hiburan Masih Menjadi Topik Favorit Warganet di Indonesia, seperti Sinetron

Di saat kondisi dunia seperti sekarang ini, orang-orang Indonesia datang ke Twitter demi menghibur diri dan terhubung dengan komunitas untuk membicarakan topik-topik hiburan, mulai dari musik, film, serta gaming.

Tagar #BTS, sempat meramaikan linimasa Twitter dengan kolaborasi grup K-Pop tersebut bersama McDonald’s serta peluncuran lagu-lagu barunya seperti Butter dan Permission to Dance. Penikmat musik Indonesia juga memberikan dukungan kepada penyanyi dan grup favorit mereka saat ajang musik tahunan #GRAMMYs digelar.

Hampa tanpa drama, warganet di Indonesia mencari hiburan dengan menonton sinetron dan anime lalu memulai diskusi di Twitter. Sinetron #IkatanCinta yang berisi lika-liku kehidupan dan kisah cinta Andin dan Aldebaran seakan menjadi magnet orang Indonesia yang tidak sabar menunggu datangnya episode baru.

Bagi mereka yang menyukai animasi Jepang, anime #AttackOnTitan dan #JujutsuKaisen ramai digunakan di Twitter sembari menunggu kedatangan season berikutnya. Bagi para gamers di Indonesia, role-playing game (RPG) favorit mereka, #GenshinImpact, juga menjadi bagian dari percakapan seru di Twitter.

  1. Tren Investasi Mata Uang Kripto

Banyaknya perbincangan mengenai cryptocurrency atau mata uang kripto di Twitter membuat minat orang-orang Indonesia juga meningkat. Hal ini terlihat dari ramainya perbincangan terkait topik ini dengan tagar #bitcoin, #dogecoin, #doge. Para trader berbagi tips dan ilmu di Twitter mengenai strategi terbaik investasi mata uang kripto ini.

  1. Berita dan Kampanye Terbaru dari Brand

Twitter juga menjadi tempat jajaran brand terhubung dengan audiens. Salah satunya adalah dengan peluncuran kampanye. Melalui tagar #Collabonation, IM3 Ooredoo (@IM3Ooredoo) menyediakan wadah kolaborasi bagi para kreator Indonesia lewat musik dan film.

Sementara itu, berita mengejutkan mengenai Gojek dan Tokopedia yang menyatukan kekuatan dua perusahaan kebanggaan Indonesia sempat meramaikan linimasa dengan tagar #KolaborasiAnakBangsa.