Hore! Kreator YouTube yang Punya 500 Subscriber Kini Bisa Raup Cuan dengan Mudah
YouTube mengumumkan telah mengurangi persyaratan yang rumit dalam YouTube Partner Program (YPP) (foto: dok. YouTube).

Bagikan:

JAKARTA - YouTube mengumumkan telah mengurangi persyaratan yang rumit dalam YouTube Partner Program (YPP), kini mudahkan kreator untuk memonetisasi konten mereka.

"Sekarang kami memperluas program dengan memperkenalkan akses sebelumnya ke YPP dengan kriteria kelayakan yang lebih rendah, yang akan membantu Anda mulai menghasilkan uang di YouTube lebih cepat," ujar Wakil Presiden Produk Kreator YouTube, Amjad Hanif dalam blog resmi perusahaan, dikutip Rabu, 14 Juni.

Keator yang memenuhi syarat dapat mulai mendaftar ke YPP lebih awal, setelah mereka memiliki 500 subscribers, 3 upload publik dalam 90 hari terakhir, dan 3000 jam waktu tonton dalam setahun terakhir atau 3 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Persyaratan baru ini juga akan membuka akses ke fitur pendanaan dari penggemar seperti membership channel, Super Chat, Super Stickers, Super Thanks dan kemampuan untuk mempromosikan produk mereka sendiri dengan YouTube Shopping.

"Karena kreator terus mengembangkan salurannya, mereka secara otomatis memenuhi syarat untuk mendapatkan bagi hasil dari iklan dan bahkan lebih banyak keuntungan setelah mencapai kriteria kelayakan YPP yang ada, tanpa harus melalui proses permohonan YPP lengkap lagi. Persyaratan kelayakan yang ada untuk membuka bagi hasil tetap tidak berubah," ungkap Hanif.

Hanif menyatakan, kebijakan YPP baru ini akan meluncur pertama kali untuk kreator di Amerika Serikat (AS), Inggris Raya, Kanada, Taiwan, Korea Selatan, dan akan diperluas ke semua negara tempat YPP tersedia dari waktu ke waktu.

Lainnya, YouTube juga memperluas program afiliasi YouTube Shopping ke semua kreator berbasis AS yang memenuhi syarat dan tergabung dalam YPP dengan lebih dari 20.000 subscriber.

Dengan program afiliasi, kreator dapat menampilkan produk dari merek dan kreator lain dalam kontennya dan memenuhi syarat untuk mendapatkan tarif komisi kompetitif atas penjualan produk yang diberi tag dalam video dan klip Shorts mereka.

Saat YPP diluncurkan pada 2007, program ini memberikan keuntungan eksklusif kepada kreator yang membantu mereka memonetisasi kontennya.

Untuk mendaftar YPP, YouTube sebelumnya mewajibkan kreator memiliki 10.000 penayangan. Kemudian, diubah lagi menjadi 4.000 jam tonton dari tahun lalu dan 1.000 subscriber.

Kali pertama YouTube Shorts muncul, kreator dapat bergabung dengan YPP jika video Shorts mereka ditonton 10 Juta kali dalam 90 hari terakhir. Tetapi hadirnya kebijakan baru tersebut, semua kreator baru bisa meraup cuan dengan mudah.