Aplikasi Media Sosial Damus Akan Dihapus dari Apple App Store karena Fitur Pemberian Tip Bitcoin.
Para pendiri Damus, sikapi ancaman Apple (foto: twitter @damusapp)

Bagikan:

JAKARTA - Pada tanggal 13 Juni, para pencipta Damus membagikan surat peringatan dari Apple yang menyatakan bahwa aplikasi tersebut akan dihapus dari platform karena fitur "Zaps" yang memungkinkan pengguna memberikan tip kepada pengguna dan pembuat konten dalam bentuk Bitcoin. Fitur ini dimungkinkan dengan mengintegrasikan widget Jaringan Lighting untuk pembayaran dan tip Bitcoin di platform tersebut.

Dalam peringatannya, Apple menyatakan bahwa fitur Zaps melanggar kebijakannya yang melarang segala bentuk fitur pemberian tip selain pembelian di dalam aplikasi. Perusahaan teknologi tersebut menyatakan bahwa meskipun fitur pemberian tip tersebut bersifat opsional, "jika mereka [pengguna] terhubung atau terkait dengan menerima konten digital, mereka harus menggunakan pembelian di dalam aplikasi sesuai dengan panduan 3.1.1."

Tim Damus menyebutnya sebagai momen penting dengan implikasi besar bagi platform dengan dukungan peer-to-peer (P2P). Tim tersebut juga menjelaskan bahwa Damus tidak menjual barang digital atau menyediakan fitur untuk menjual barang digital. Aplikasi ini hanya memiliki tombol tip untuk memfasilitasi transaksi P2P seperti Venmo atau Cash App.

Pemberian tip Bitcoin dan kripto telah menjadi populer di platform media sosial, dengan Twitter dan Reddit memungkinkan fitur tersebut. Fitur pemberian tip kripto memungkinkan transaksi P2P yang tidak memerlukan perantara untuk diproses. Apple sendiri telah menyetujui aplikasi "Game of Birds" dengan fitur pemberian tip Bitcoin pada tahun 2015.

Salah satu pencipta Nostr, yang menggunakan nama Walker di Twitter, menyoroti bahwa masalah Apple dengan Zaps ditempatkan dengan keliru karena Damus tidak menjual konten digital apa pun, dan pencipta tersebut meminta Apple untuk memperbaiki kesalahannya.

Banyak pendukung kripto lainnya juga mempertanyakan mengapa pemberian tip di Twitter diterima, tetapi fitur yang sama di Damus melanggar kebijakan Apple. Orang lain menuduh Apple melindungi kepentingan Silicon Valley.