Gim NFT  Axie Infinity Origins Sudah Tersedia di App Store
Axie Infinity Origins. (Foto; Dok. Axie Infinity)

Bagikan:

JAKARTA – Game NFT terkemuka, Axie Infinity resmi mengumumkan bahwa Axie Infinity Origins sudah bisa diunduh oleh pengguna iOS. Pasalnya gim Origins tersebut sudah tersedia di Apple App Store.

Meski begitu, gim Axie Infinity Origins baru tersedia di App Store beberapa negara saja. Menurut pengembang gim tersebut, Sky Mavis, gim versi iOS telah diluncurkan pada hari Rabu 17 Mei kemarin.  

"Origins telah melewati proses peninjauan oleh Apple dan kini tersedia di App Store," kata Sky Mavis. "Kami percaya ini adalah kali pertama Apple setuju untuk menjadikan NFT yang dibeli secara eksternal dapat digunakan di App Store," tambah tim tersebut.

Sebagai informasi, Axie Infinity sendiri telah diluncurkan oleh studio game asal Vietnam pada 2018 lalu dan berhasil mendapatkan popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Sky Mavis berhasil mencatatkan penjualan NFT sebesar 4,27 miliar dolar AS (setara Rp63,6 triliun).

"Jika Anda tinggal di Argentina, Kolombia, Peru, Meksiko, Venezuela, Indonesia, Malaysia, atau Vietnam, unduh Origins untuk iOS dari App Store," ungkap Sky Mavis pada hari Rabu.

Pasalnya pedoman App Store milik Apple terbilang lebih ketat dibandingkan aturan Google Play Store. Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah membatasi beberapa aplikasi berbasis blockchain, khususnya platform NFT. Misalnya, Daily Apps merilis aplikasi NFT bernama Sticky, yang awalnya tetap ada di App Store. Namun, aplikasi tersebut, bersama dengan beberapa aplikasi lainnya, kemudian dihapus dari toko.

Aplikasi NFT lain, seperti Opensea's App, diizinkan untuk menampilkan NFT kepada pengguna, tetapi fungsi perdagangan dinonaktifkan. Beberapa orang percaya bahwa pembatasan pada aplikasi NFT ini terkait dengan persyaratan Apple untuk mendapatkan 30 persen dari seluruh penjualan di App Store.

Menurut laporan Bitcoin.com News, mengenai aplikasi Axie Infinity Origins, Sky Mavis menjelaskan bahwa fitur hadiah tertentu dalam permainan hanya dapat diakses melalui versi desktop atau APK Android.

"Pemain tetap akan mendapatkan SLP melalui permainan, tetapi tidak dapat mengklaim hadiah-hadiah ini di dalam aplikasi," kata pihak Sky Mavis.