Bagikan:

JAKARTA - Sebuah aplikasi jahat yang mengaku sebagai Trezor, dompet kripto perangkat keras, telah dihapus dari App Store milik Apple, meskipun pencarian cepat mengungkapkan bahwa masih ada aplikasi tiruan lain yang masih beredar.

Pada 20 Juni, Mitra Manajemen di Crypto Lawyers, Rafael Yakobi, memposting peringatan keamanan mengenai App Store milik Apple. Yakobi melaporkan bahwa hasil pertama dalam pencarian "Trezor" adalah aplikasi jahat yang dirancang untuk mencuri mata uang kripto.

Dia memperingatkan pengguna Apple bahwa aplikasi palsu "Trezor Wallet Suite" akan "meminta frase biji Anda, memungkinkan operatornya untuk mencuri semua kripto Anda." 

"Aplikasi ini sudah ada selama berbulan-bulan, meskipun jumlah total korban tidak diketahui, bisa saja mencapai ratusan atau ribuan," kata Yakobi, dikutip Cointelegraph.

Cointelegraph mencari versi App Store di Amerika Serikat dan tidak menemukan aplikasi jahat yang disebut oleh Yakobi. Apple biasanya cepat menghapus aplikasi yang mencurigakan atau penipuan dari toko aplikasinya begitu mendapat laporan.

Namun, pencarian untuk "Trezor Wallet Suite" menghasilkan aplikasi lain yang berpotensi jahat yang disebut "MyTREZĹŚR Suite: One Edition." Hanya ada dua ulasan untuk aplikasi tersebut, yang keduanya adalah peringatan bahwa aplikasi tersebut adalah penipuan yang akan mencuri kripto, sehingga tampaknya Apple belum sepenuhnya membersihkan aplikasi-aplikasi tersebut.

Apple menegaskan bahwa aplikasi di App Store resmi mereka telah melewati proses verifikasi dan persetujuan untuk tujuan keamanan.

Cara paling aman untuk mengunduh aplikasi seluler untuk dompet kripto adalah melalui situs web resmi produsen. Meskipun ada aplikasi yang tersedia untuk pengguna Trezor di iOS, itu hanya merupakan aplikasi pendamping dengan fungsi terbatas.

Menurut outlet berita Apple, 9to5mac.com, perusahaan teknologi terbesar di dunia ini tidak terlalu ramah terhadap aplikasi kripto, yang hanya diizinkan dengan persyaratan yang ketat. 

"Sementara Apple mengatakan bahwa App Store 'adalah tempat yang dapat Anda percayai' dan melawan sideloading, kenyataannya adalah bahwa bahkan Apple tidak dapat menjaga App Store bebas dari penipuan," ungkap 9to5mac.com.

Aplikasi dompet palsu di App Store Apple bukanlah hal baru. Pada tahun 2021, seorang pengguna dilaporkan kehilangan 600.000 dolar AS (Rp9 miliar) dalam Bitcoin setelah mengunduh aplikasi Trezor jahat dari App Store.