Sempat Hilang di App Store, Kini Aplikasi MetaMask Hadir Lagi
Aplikasi dompet kripto MetaMask hadir lagi di App Store. (Foto; Dok. MetaMask)

Bagikan:

JAKARTA - MetaMask, salah satu dompet populer untuk jaringan Ethereum, mengalami sedikit masalah dengan App Store Apple pada 14 Oktober. Selama satu jam, aplikasi MetaMask tidak tersedia untuk diunduh melalui App Store.

Untungnya, tim MetaMask segera memberikan penjelasan melalui Twitter, mengatakan bahwa situasi tersebut tidak terkait dengan hal berbahaya dan mereka sedang berusaha keras untuk memperbaikinya secepat mungkin.

Beberapa saat kemudian, MetaMask mengumumkan bahwa dompet kripto mereka telah kembali ke App Store Apple sesuai dengan janjinya, dan mereka juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dialami pengguna selama pemutusan sementara ini.

Kendati begitu, MetaMask tidak memberikan alasan spesifik terkait penghapusan aplikasinya dari App Store Apple. Consensys, pemilik MetaMask, menyatakan bahwa penghapusan tersebut tidak terkait dengan masalah keamanan, kerentanan, atau masalah fungsionalitas aplikasi. Mereka juga mendorong pengguna untuk melaporkan jika mereka menemukan aplikasi MetaMask palsu.

Perlu diingat bahwa App Store Apple memiliki aturan ketat terkait dengan aplikasi kripto. Salah satu aturan yang mungkin menjadi penyebab penghapusan MetaMask adalah larangan terhadap proses penambangan kripto dalam aplikasi. Selain itu, toko tersebut juga melarang aplikasi yang memiliki fitur terkait pembayaran kripto atau penawaran untuk pembelian kripto dalam aplikasi.

Terkait dengan perubahan terbaru, MetaMask baru-baru ini menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyetor dana melalui on-ramp Stripe. Namun, belum ada indikasi bahwa penambahan fitur ini menyebabkan penghapusan MetaMask. Sebelumnya, MetaMask juga telah menawarkan banyak on-ramp fiat yang serupa.

MetaMask Bukan yang Pertama

Tidak hanya MetaMask, aplikasi kripto lainnya juga pernah mengalami masalah serupa dengan App Store Apple. Coinbase Wallet dan Trust Wallet juga pernah tidak tersedia pada tahun 2022 sebelum akhirnya dipulihkan. Uniswap juga melaporkan kesulitan dalam mencapai daftar di App Store Apple hingga April 2023.

Penghapusan sementara MetaMask dari App Store Apple memunculkan perdebatan mengenai aturan ketat toko aplikasi terhadap aplikasi kripto. Meskipun penghapusan tersebut adalah hal yang sementara, peristiwa ini mencerminkan tantangan yang dihadapi oleh aplikasi kripto dalam menjaga keberadaan mereka di toko-toko aplikasi besar.