Cara Menambang Bitcoin dengan NiceHash untuk Pemula, Biar Gak Perlu Top Up Lagi!
Cara menambang Bitcoin dengan menggunakan NiceHash. (Foto; Dok. Nicehash)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi Anda yang tertarik melakukan penambangan atau mining Bitcoin dan kripto lainnya, NiceHash adalah solusi praktis yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan hardware PC Anda dan menghasilkan Bitcoin. Artikel ini akan membahas cara menginstal aplikasi NiceHash dengan langkah-langkah sederhana.

Meski begitu, bagi yang baru memasuki dunia penambangan kripto atau mining, sebaiknya menggunakan NiceHash QuickMiner. NiceHash QuickMiner adalah penambang generasi terbaru yang dikembangkan oleh NiceHash. NiceHash QuickMiner menggunakan Excavator untuk penambangan GPU dan XMRig untuk penambangan CPU.

Excavator merupakan software penambangan yang dikembangkan oleh NiceHash sendiri dan diklaim 100% bebas dari malware. Sementara XMRig adalah penambang CPU sumber terbuka.

Di sisi lain, jika Anda memiliki komputer atau rig penambangan dan ingin menggunakan CPU dan GPU untuk mining, kami merekomendasikan NiceHash Miner. NiceHash Miner adalah software gratis yang secara otomatis menjalankan algoritma penambangan kripto untuk Anda. Ini artinya, Anda tidak perlu memantau pergerakan harga kripto di sejumlah bursa kripto. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh NiceHash Miner, mengaturnya, dan mulailah hasilkan cuan dari penambangan. Anda dapat memulainya dengan mendaftar di NiceHash di sini.

Sebagai informasi, NiceHash Miner adalah perangkat yang sangat membantu untuk mendapatkan Bitcoin menggunakan PC Anda. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah sederhana untuk mengatur NiceHash Miner. Baik Anda pemula dalam dunia penambangan kripto atau ingin mencari cara mudah untuk menambang Bitcoin, NiceHash tampakny menjadi pilihan yang tepat.

Cara Install NiceHash

Sekarang, mari kita masuk ke panduan untuk memastikan Anda memiliki semua yang diperlukan untuk memulai mining.

Download NiceHash Miner

  1. Kunjungi situs web resmi NiceHash di www.nicehash.com.
  2. Klik tab "Mining."
  3. Kemudian pilih “Start Mining” nanti akan diarahkan pada dua pilihan yaitu menambang dengan CPU/GPU (untuk NiceHash Quick Miner) dan menggunakan mesin penambangan ASIC (untuk NiceHash Miner).
  4. Jika anda baru mau mencoba mining, sebaiknya pilih NiceHash Quick Miner dan Klik tombol "Try Mining” untuk memulai nanti anda akan diarahkan untuk mngunduh software mining. Untuk anda yang memiliki Rig Mining tinggal klik “Start Mining”. Anda akan diarahkan untuk melakukan registrasi dulu.

Anda akan diarahkan ke link Github ini https://github.com/nicehash/NiceHashMiner/releases untuk mengunduh software penambangan terlebih dahulu. Akan ada dua pilihan yaitu versi Zip dan Instaler.

Tampilan untuk download software NiceHash di Github (Dok. Github)Caption

Install NiceHash Miner (Versi Zip)

Jika Anda menggunakan versi zip, ikuti langkah berikut:

  1. Setelah mengunduh file zip NiceHash Miner, ekstrak isinya ke folder pilihan Anda.
  2. Temukan "NiceHashMiner.exe" dalam file yang diekstrak dan klik dua kali untuk membuka NiceHash Miner.

Install NiceHash Miner versi Installer

Untuk versi instaler, anda akan diarahkan ke laman ini https://www.nicehash.com/my/register untuk mendaftar dulu sebelum mengunduh software-nya. Setelah selesai mendaftar, pastikan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik dua kali pada file "nhm_windows_{versi}.exe" yang sudah Anda unduh sebelumnya.
  2. Ikuti petunjuk yang muncul di layar yang diberikan oleh installer.
  3. Akan ada pintasan NiceHash Miner yang dibuat di Desktop Anda.
  4. Setelah instalasi selesai, NiceHash Miner akan secara otomatis mulai berjalan.
Tampilan untuk registrasi mining di NiceHash. (Dok. Nicehash)

Tambahkan NiceHash Miner ke Daftar Pengecualian Windows Defender

Biar proses instalasinya berjalan lancar dan tidak terdeteksi sebagai virus, karena biasanya software mining ini akan dianggap sebagai virus jika antivirus anda tidak dimatikan. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan NiceHash Miner ke daftar pengecualian Windows Defender.

  1. Buka Windows Defender.
  2. Klik pada "Perlindungan Virus & Ancaman."
  3. Pilih "Kelola pengaturan."
  4. Gulir ke bawah dan klik "Tambah atau hapus pengecualian."
  5. Klik "Tambah pengecualian," lalu pilih "Folder."
  6. Arahkan ke folder instalasi NiceHash Miner, yang biasanya berlokasi di "C:\Users\{YourWinUser}\AppData\Local\Programs\NiceHashMiner." Sebagai cantatan tambahan: Gantilah "{YourWinUser}" dengan nama yang Anda gunakan untuk mengakses PC.
  7. Pilih folder NiceHash Miner.

Jika Anda menggunakan versi ZIP NiceHash Miner, cari folder tempat Anda mengekstrak NiceHash Miner dan tambahkan folder tersebut ke daftar pengecualian.

Mining dengan NiceHash Miner

Langkah pertama untuk memulai menambang kripto dengan NiceHash adalah mendaftar akun di link ini. Pastikan untuk mengisi informasi dengan benar.

  1. Unduh Software Mining

Setelah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah mengunduh perangkat lunak penambangan NiceHash. Perangkat lunak ini akan menjadi alat utama Anda dalam menjalankan proses penambangan.

  1. 3. Jalankan Software NiceHash

Download perangkat lunak atau software di laman resmi, jalankan aplikasi NiceHash di PC Anda. Pastikan Anda memasukkan alamat NiceHash Anda dengan benar.

  1. Mulai Mining Kripto

Setelah semua pengaturan selesai, tekan tombol khusus di aplikasi NiceHash untuk memulai penambangan. Anda akan mulai mendapatkan Bitcoin sebagai imbalan.

  1. Gunakan Wallet Kripto yang Aman untuk Penyimpanan

Ketika Anda mulai mengumpulkan mata uang kripto, pertimbangkan untuk menyimpannya dengan aman. Disarankan menggunakan aplikasi dompet kripto seperti MetaMask atau TrustWallet di smartphone Anda. Ini akan memberikan tingkat keamanan yang lebih baik daripada menyimpannya di dompet NiceHash Anda.

  1. Tingkatkan Keamanan

Jika Anda mengumpulkan jumlah Bitcoin yang signifikan, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam dompet fisik. Dompet fisik adalah perangkat offline kecil yang menyimpan detail penting untuk mengakses mata uang kripto Anda. Ini akan memberikan tingkat keamanan ekstra.

  1. Optimalkan PC dengan MSI Afterburner

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari GPU Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak listrik, Anda dapat menggunakan alat seperti MSI Afterburner. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengatur daya GPU, kecepatan, dan lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memulai upaya pertama Anda untuk menambang kripto dengan NiceHash dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan apakah GPU anda kompatibel atau tidak untuk mining. Yang paling utama, prioritaskan keamanan dalam penyimpanan mata uang kripto Anda. Happy mining!