Aplikasi di iPhone Hilang Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengembalikannya
Cara menemukan aplikasi iPhone yang hilang (Inc)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apakah Anda sedang atau pernah ingin membuka sebuah aplikasi tapi gagal menemukannya pada ponsel iPhone yang dipakai? Kondisi tersebut bakal bikin Anda merasa makin khawatir jika yang hilang adalah aplikasi penting; seperti aplikasi keuangan, produktivitas, dan sejenisnya.

Terkadang kondisi ini terjadi karena kita lupa jika sudah menyembunyikan aplikasi tersebut -sehingga sulit ditemukan di mana pun. Tak jarang, karena ada gangguan di bagian firmware perangkat.

Apa pun alasannya, Anda perlu membaca keterangan di bawah. Terutama jika Anda menggunakan ponsel bikinan iPhone ini. Penulis sudah merangkumkan beberapa penyebab aplikasi iPhone hilang sendiri dan cara mengatasinya. Langsung cek  ya.

Penyebab Aplikasi iPhone Hilang

Berdasarkan hasil penelusuran tim VOI, ada banyak alasan yang menyebabkan aplikasi hilang sendiri di HP iPhone. Mulai dari aplikasi bawaan seperti App Store, Safari, iTunes Store, Camera, dan masih banyak lagi lainnya.

Alasannya seperti aplikasi yang tidak sengaja terhapus, dipindahkan, dibatasi oleh fitur Pembatasan iOS atau memang sengaja disembunyikan karena pengguna tidak ingin orang lain menemukannya.

Maka dari itu, sebelum melakukan cara mengembalikan aplikasi iPhone yang hilang, pastikan dulu penyebabnya. Jika sudah, langsung lakukan cara di bawah.

Cara Mengembalikan Aplikasi iPhone yang Hilang

Pada versi iOS 14, perusahaan menawarkan fitur anyar yang diberi nama App Library. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengecek aplikasi yang terpasang pada perangkat. Termasuk jenis aplikasi yang disembunyikan.

Namun, bagaimana jika ponsel Anda belum mendukung pengoperasian iOS 14? Tenang, masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Simak salah satu uraian di bawah:

  1. Gunakan fitur Spotlight untuk menemukan aplikasi yang hilang
  2. Beri perintah kepada Siri untuk membuka aplikasi tersebut
  3. Cek aplikasi atau folder yang disembunyikan
  4. Cek Screen Time untuk membuka pembatasan pada layanan Aplikasi yang Dibatasi
  5. Buka akses untuk beberapa halaman yang Anda sembunyikan. Sehingga Anda bisa mengecek seluruh layanan atau halaman yang disembunyikan
  6. Gunakan aplikasi App Store untuk mengecek apakah aplikasi yang dibutuhkan sudah terpasang atau belum
  7. Install ulang aplikasi tersebut
  8. Reset tampilan Home Screen untuk melihat seluruh aplikasi yang terpasang dalam susunan alfabetis

Itulah beberapa penyebab dan cara menemukan aplikasi iPhone yang hilang. Semoga salah satu cara di atas bisa membantu Anda untuk menemukan aplikasi yang dibutuhkan, ya.