<i>Personal Hotspot</i> iPhone Hilang? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi fitur personal hotspot (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keberaan fitur personal hotspot pada ponsel iPhone memungkinkan pengguna untuk berbagi data seluler saat tidak memiliki jaringan Wi-Fi. Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat terjadi jika personal hotspot iPhone hilang atau mati.

Penyebab Fitur Personal Hotspot iPhone hilang

Umumnya, menggunakan Hotspot Pribadi semudah mengaktifkan fitur. Akan tetapi, beberapa pengguna iPhone kerap menemukan bahwa fitur personal hotspot mereka menghilang. Ini sering terjadi setelah memutakhirkan operating system (OS) atau setelah melakukan jailbreaking pada iPhone.

Cara Mengatasi Personal Hotspot iPhone Hilang

Dikutip VOI dari laman Lifewire, apabila fitur personal hotspot Anda hilang, lakukan 8 langkah ini untuk memperbaikinya.

1. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Data Seluler

Hotspot Pribadi memerlukan koneksi ke jaringan data seluler, seperti 4G. Menyetel ulang koneksi data seluler dapat mengembalikan fitur Personal Hotspot yang hilang.

2. Cek Pengaturan Personal Hotspot

Terkadang saat Personal Hotspot hilang dari aplikasi Pengaturan, itu masih ada di tempat lain. Jika demikian, Anda bisa mengembalikan fitur personal hotspot dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu Setting dan pilih Seluler> Hotspot Pribadi.
  • Geser layar hingga ikon Hotspot berwarna hijau

Selanjutnya, kembali ke menu Setting. Jika Anda melihat ikon Hotspot tercantum di bawah Seluler, masalahnya selesai.

3. Restart iPhone

Cara mengatasi personal hotsphot iPhone hilang yang berikutnya adalah melakukan restart iPhone. Hanya saja, cara ini kadang-kadang tidak berhasil. Untuk me-restart iPhone, tahan tombol home dan sleep/wake secara bersamaan hingga logo Apple muncul di layar lalu lepaskan tombol.

4. Memperbarui Pengaturan Operator

Pembaruan pengaturan operator juga dapat menambah dukungan untuk fitur baru, serta dapat mengembalikan fitur personal hotspot yang hilang.

Ilustrasi
Ilustrasi (StefanCoders/Pixabay)

Caranya sebagai berikut:

  • Pastikan perangkat Anda terhubung dengan jaringan seluler.
  • Ketuk Pengaturan > Umum > Mengenai.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal pembaruan operator.

5. Update ke Versi Terbaru iOS

Fitur Personal Hotspot yang tidak muncul dapat disebabkan oleh bug di iOS, sistem operasi yang terpasang di iPhone. Jika demikian, mungkin tersedia pembaruan iOS yang memperbaiki masalah tersebut. Pembaruan iOS gratis dan mudah dipasang. Anda dapat menginstal pembaruan secara nirkabel atau melalui iTunes.

6. Setel Ulang Pengaturan Jaringan.

Hotspot Pribadi yang hilang juga bisa disebabkan oleh masalah pada pengaturan yang mengontrol akses ponsel ke jaringan seluler dan Wi-Fi.

Mereset ulang pengaturan tersebut dan memulai dari awal dapat membantu menyelesaikan masalah.

Pilih Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang > Pengaturan Jaringan.

7. Mengubah Nama iPhone

Setiap iPhone memiliki nama, seperti iPhone Sam. Nama itu tidak banyak digunakan, tetapi dapat menyebabkan Personal Hotspot hilang.

Anda dapat mengubah nama iPhone yang digunakann iCloud, AirDrop, Hotspot Pribadi, dan komputer Anda dengan cara sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan > Umum > Mengenai > Nama.
  • Ketuk tombol Bersihkan Teks, masukkan nama baru, lalu ketuk Selesai.

8. Pulihkan dari Cadangan

Jika sejauh ini tidak ada yang berhasil, saatnya mencoba langkah yang lebih radikal, yakni memulihkan dari cadangan. Ini menghapus semua data dan pengaturan di iPhone dan mengganti data dengan versi yang lebih lama. Apa pun yang tidak Anda cadangkan akan hilang selama proses ini, jadi buat cadangan iPhone Anda sebelum memulai proses ini.

Demikian informasi tentang cara mengatasi fitur personal hotspot iPhone hilang. Semoga bermanfaat!