Mudah! Ini Cara Aktifkan Hotspot Pribadi di Ponsel Android Anda
Ponsel Anda mampu berbagi internet seluler. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di saat Anda membutuhkan internet untuk laptop atau tablet Anda, tapi tidak ada jaringan Wi-Fi yang tersedia, Anda dapat memanfaatkan koneksi hotspot dari ponsel cerdas Anda.

Sebenarnya, ponsel Anda mampu berbagi internet selulernya dengan perangkat lain dengan bertindak seperti router. Koneksi bersama ini dapat menggunakan fitur hotspot, tetapi perlu diingat, Anda juga harus memastikan koneksi data seluler Anda berjalan dengan baik.

Ada beberapa manfaat menggunakan ponsel Anda sebagai hotspot. Pertama, Anda tidak perlu membawa alat tambahan, yang dibutuhkan hanyalah ponsel cerdas dan kartu SIM dengan paket data aktif.

Kedua, kecepatan transfer data biasanya cukup baik untuk melakukan streaming konten resolusi tinggi atau mengunduh file hingga 10 perangkat yang terhubung.

Meskipun tidak dapat menggantikan koneksi Wi-Fi standar, hotspot Android Anda bisa menjadi penyelamat saat dalam keadaan darurat, terutama untuk perangkat yang tidak dapat mengakses internet secara mandiri seperti tablet dan laptop non-seluler. Untuk mengaktifkan, berikut caranya yang dikutip VOI dari Slashgear, Jumat, 14 Oktober.

Cara Mengaktifkan Hotspot Pribadi di Ponsel Android

1. Buka aplikasi Pengaturan dan klik Jaringan & Internet.

2. Ketuk opsi Hotspot & tethering. 

3. Pilih Hotspot Wi-Fi. Di menu yang terbuka, klik Gunakan hotspot Wi-Fi. 

4. Sekarang, Anda dapat menghubungkan perangkat lain ke hotspot ponsel Android Anda dengan mengaktifkan Wi-Fi dan memilih jaringan ponsel pada opsi yang tersedia.

5. Selain itu, Anda juga dapat mengubah nama hotspot dan mengatur kata sandi dengan mengubah tingkat keamanan. Di menu hotspot Wi-Fi, Anda akan melihat opsi yang bertuliskan Nama hotspot.

6. Pilih dan ubah dengan mengetikkan nama baru. Setelah selesai, hotspot ponsel Anda akan muncul di perangkat lain dengan nama yang Anda buat. 

Jika Anda tidak ingin orang lain bergabung dengan hotspot Anda dan menghabiskan kuota data Anda, ketuk keamanan dan pilih WPA2-Personal. Sekarang, klik Kata sandi hotspot dan ubah kata sandi yang dapat Anda ingat dengan mudah.