Trik Dapatkan Akses Wi-Fi Tanpa Berlangganan Wi-Fi
Cara mengaktifkan tethering hotspot (HP)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berlangganan internet rumah memang mahal. Harganya bisa mencapai ratusan ribu per bulan. Dan baik Anda gunakan maupun tidak, harga yang harus dibayar pun tetap sama. 

Sebelum pandemi, mungkin kita bisa merasa lebih tenang jika tak memasang internet di rumah. Pasalnya, berbagai aktivitas masih dilakukan secara luring. Tapi, lain soal untuk kondisi sekarang. 

Kini, akses internet tak hanya dibutuhkan untuk ponsel saja. Perangkat lain pun juga membutuhkannya. Terutama untuk Anda yang sedang bekerja atau belajar di rumah, akses internet dari laptop atau PC tentu jadi penting, bukan?

Beruntungnya, kini Anda tak perlu berlangganan paket internet jika ingin mendapat akses Wi-Fi. Mau tahu bagaimana caranya?

Tethering Koneksi Ponsel ke Laptop atau PC

Ya, langkah pertama untuk mendapatkan akses internet pada laptop tanpa mengandalkan Wi-Fi adalah melalui mobile hotspot. Memang, ada kelebihan dan kekurangan dari cara ini.

Kelebihannya yakni bisa membuatmu mengerjakan tugas atau kerja di mana saja dan kapan saja. Cukup hubungkan koneksi internet ponsel ke laptop, maka Anda bisa terhubung dalam jaringan. Sedangkan kelemahannya, menghabiskan lebih banyak paket internet berlangganan Anda.

Sedangkan cara mengaktifkan tethering pada ponsel pun mudah. Untuk pengguna Android 9 hingga 11, Anda cukup usap layar hinga muncul jendela menu. Ketuk ikon bertuliskan ‘Hotspot Mobile’. Secara otomatis, tethering pun hidup. 

Sementara itu, untuk pengguna Android 8 atau yang lebih lawas, Anda bisa mengaksesnya lewat aplikasi ‘Pengaturan’, pilih menu ‘Konektivitas’, lalu ketuk menu ‘Mobile Hotspot dan Tethering’. Terakhir, ketuk menu ‘Mobile Hotspot’ kemudian geser toogle untuk mengaktifkannya.

Nah, untuk pengguna iPhone, tak perlu khawatir. Produk keluaran Apple ini juga menyediakan fitur mobile hotspot. Cara mengaktifkannya juga cukup gampang. Buka aplikasi ‘Pengaturan’, pilih menu ‘Seluler’, kemudian ketuk menu ‘Hotspot Pribadi’. Geser toogle untuk mengaktifkannya.

Saat koneksi mobile hotspot sudah aktif, tugas Anda sekarang hanyalah menghubungkan laptop ke jaringan tersebut. Caranya mudah. Untuk pengguna Windows, Anda cukup klik ikon Wi-Fi yang terletak di kotak menu di bagian pojok kanan bawah. 

Di dalamnya, Anda akan menemukan nama jaringan ponsel yang sudah disiapkan. Klik pada jaringan tersebut, kemudian Anda pun akan terhubung secara otomatis.