Bagaimana Cara Terlindung dari Kebocoran Akses Wi-Fi?
Ilustrasi jaringan Wi-Fi (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Riset terbaru Kaspersky menemukan bahwa selain menghapus berbagai jenis file pribadi seperti foto, video, atau dokumen, ternyata memutuskan akses jaringan internet dari perangkat Anda juga tidak kalah penting. 

Menurut perusahaan keamanan siber global itu, dengan akses ke jaringan Wi-Fi, peretas dapat mencuri foto atau dokumen lain pada ponsel yang berada di jaringan yang sama. 

Untuk itu, Kaspersky mengungkapkan beberapa cara agar Anda terlindungi dari kebocoran Wi-Fi, antara lain:

Setel ulang dan hapus. Langkah keamanan yang paling jelas adalah menghapus pengaturan dari semua perangkat sebelum berpisah dengannya. Setelah menyetel ulang, buka setelan jaringan dan pastikan semuanya benar-benar hilang — lalu lakukan setel ulang kembali. 

Mengubah pengaturan Wi-Fi. Metode ini memang agak sedikit rumit, namun andal dan tidak terlalu sulit secara teknis. Setelah menghapus perangkat, ubah kata sandi jaringan Wi-Fi dan perbarui pengaturan di semua perangkat Anda yang lain. Ketika mengubahnya, buatlah kata sandi secara acak dibandingkan hanya dengan menambahkan angka atau huruf di bagian akhir. 

Kontrol akses yang ketat. Setiap perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi memiliki hak akses jaringannya sendiri. Konfigurasikan perute sehingga perangkat yang tidak dikenal maupun yang baru terhubung benar-benar terisolasi dan dilarang mendapatkan akses internet.

Saat membuang atau menjual perangkat, pastikan untuk mengisolasinya di pengaturan router — bukan hanya menghapusnya dari daftar. Kemudian, meskipun penyerang mencoba menyambung ke router melalui kredensial yang dicuri, akses tidak akan dapat diberikan.