Awas, Ada <i>Bug</i> yang Bikin Eror Koneksi Wi-Fi pada iPhone
Sambungan Wi-Fi pada iPhone (9to5Mac)

Bagikan:

Carl Schou, peneliti keamanan digital dari kelompok non-profit Secret Club, menemukan adanya titik akses koneksi Wi-Fi dengan nama berawalan simibol persen (%).Ketika nama jaringan Wi-Fi tersebut diketuk agar ponsel bisa terhubung, malah membuat pengaturan Wi-Fi pada iPhone dan perangkat iOS lain tidak tersambung terjaringan.

Temuan ini pun dibagikan Carl lewat akun Twitter pribadi miliknya, @vm_call. Dalam cuitan tersebut, Carl menjelaskan bahwa setiap perangkat iOS yang mencoba dihubungkan dengan nama jaringan Wi-Fi %secretclub%power, secara otomatis terputus dari koneksi internet apa pun.

Bahkan, menurut Carl, upayanya untuk memulai ulang perangkat pun tidak bisa mengembalikan pengaturan jaringan ke kondisi semula. Ponsel masih tidak bisa terhubung oleh jaringan Wi-Fi maupun koneksi internet.

Dan nama titik akses Wi-Fi yang ditemukan Carl bukan hanya itu saja. Beberapa pekan lalu, Carl bersama tim juga mendapati keberadaan jaringan Wi-Fi dengan nama yang sejenis, yakni ‘%p%s%s%s%s%n’.

Saat itu, Carl juga mendapati kondisi serupa. Bahkan, fitur konektivitas seperti AirDrop jadi tidak bisa dipakai.

Waspada Jika Melihat Nama Wi-Fi Berawalan ‘%’

Benjamin Mayo dari 9to5Mac menjelaskan bahwa eror yang muncul kala mengakses jaringan Wi-Fi ‘%secretclub%power‘ dan ‘%p%s%s%s%s%n’ sangat berhubungan. Bukan jenis eror yang terjadi karena kebetulan.

Menurut Benjamin, kedua nama akses Wi-Fi tersebut mampu mengeksploitasi kesalahan pengkodean format string yang terdapat pada struktur data yang menjalankan jaringan internet iOS. Dan tampaknya, kini sudah ada lebih banyak varian bug ini.

“’% [karakter]’ merupakan sintaks yang umumnya dipakai dalam bahasa pemrograman untuk memformat variabel menjadi string outpot. Dalam bahasa pemrograman C, penentu ‘%n’ berarti menyimpan jumlah karakter yang ditulis ke dalam string format ke variabel yang diteruskan ke fungsi. Subsistem Wi-Fi mungkin meneruskan nama jaringan Wi-Fi (SSID) yang tidak dibersihkan ke beberapa library internal –sehingga menyebabkan penulisan memori yang berubah-ubah,” tulis Benjamin dikutip dari 9to5Mac, Minggu, 4 Juli.

Dari perspektif pengguna, langkah terbaik untuk mencegah bug ini adalah jangan menghubungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi yang namanya mengandung simbol persen. Selain itu, tunggu hingga pihak Apple memberi pembaruan yang berisi perbaikan bug tersebut.