Meta Tolak Gugatan FTC karena Memonopoli Pasar Aplikasi Khusus di Metaverse
Meta tolak gugatan FTC. (foto: ary julianto/voi)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan induk Facebook, Meta Platforms Inc, pada Kamis, 13 Oktober meminta hakim AS untuk menolak gugatan yang diajukan oleh Komisi Perdagangan Federal (FTC) yang berpendapat bahwa kesepakatan yang diusulkan Meta untuk membeli pembuat konten realitas, Within Unlimited, harus diblokir.

"Upaya FTC untuk memperbaiki keluhannya yang disalahpahami masih mengabaikan fakta dan hukum dan bergantung pada spekulasi murni keadaan hipotetis di masa depan," kata juru bicara Meta, Kamis lalu yang dikutip Reuters.

FTC, sendiri tidak segera berkomentar atas hal itu, namun telah mengajukan gugatan pada bulan Juli yang mengatakan bahwa akuisisi Meta terhadap Within akan "cenderung menciptakan monopoli" di pasar untuk aplikasi kebugaran khusus realitas virtual.

FTC, yang mengajukan keluhan yang diubah awal bulan ini, berfokus pada pasar aplikasi latihan khusus realitas virtual dan Within's Supernatural, yang hanya tersedia di perangkat VR Meta.

Mereka berpendapat bahwa kesepakatan yang diusulkan akan "secara substansial mengurangi persaingan atau cenderung menciptakan monopoli" di pasar itu.

Mosi Meta mengatakan "tuduhan konklusif, spekulatif, dan kontradiktif FTC tidak secara masuk akal menyatakan fakta apa pun untuk menetapkan bahwa pasar yang seharusnya untuk aplikasi VR Deliberate Fitness adalah 'oligopolistik' baik untuk perilaku atau strukturnya."